butik susan 2
INSPIRATIF : Owner Butik Sausan, Purwani Yanu Astuti sedang menunjukkan hasil karyanya. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
butik susan 2
INSPIRATIF : Owner Butik Sausan, Purwani Yanu Astuti sedang menunjukkan hasil karyanya. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

Setelah menjalani usaha dengan modal nekat tanpa keahlian. Perempuan yang akrab disapa bunda Ipung ini pun, mulai mengikuti komunitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) demi mengembangkan keahliannya.

Laporan : Lutviatul Fauziah

RADARDEPOK.COM – Setelah mengikuti komunitas UMKM Depok Creatif Women (De’CW), dia semakin banyak belajar mengembangkan usaha yang dia jalani. Mulai dari pembuatan brand, design, serta teknik pemasaran banyak dia dapati seletah masuk dalam komunitas tersebut.

Di akhir 2019, bunda Ipung dan tujuh orang temannya, memberanikan diri membuka toko di DMall lantai tiga dengan nama toko Pink Purple. Selain di Dmall, dia juga membuka toko di Pesona Square.

Selain menjual secara offline, usahanya juga dibuka online demi bisa melebarkan sayapnya di dunia usaha. Ibu empat anak ini juga menerima pesanan jahit untuk seragam, penjualan pun tidak main-main, bukan hanya di dalam negeri saja tetapi sudah merambah ke internasional.

“Karena ada teman yang tinggal di Singapura dan Australia jadi mereka beli ke saya. Kalau untuk dalam negeri biasanya Jabodetabek, Kalimantan, Belitung, Bangka, Semarang, Kediri, dan juga Surabaya,” jelas ibu berusia 47 tahun ini.

Rata-rata pembeli dari luar kota tertarik, karena melihat pemasaran yang diposting di sosial media. Dia pun tak menyangka usaha yang dijalaninya lambat laun mulai dikenal masyarakat.

Dia mengajak kepada teman-teman yang sedang merintis usaha, untuk ikut dalam suatu komunitas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Karena nanti disana banyak belajar dari teman-teman lain dan dapat info bagus dari dinas terkait. ‚ÄúSangat membantu proses kemajuan usaha kita, sehingga jangan ragu untuk bergabung,” tuturnya.

Namun, di masa pandemi seperti saat ini usaha yang dijalani banyak perubahan yang dihadapi. (*)

 

Editor : Pebri Mulya