koperasi dapat keringanan
TINJAU : Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan meninjau koperasi, di Pemkot Depok, Rabu (07/10). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK
koperasi dapat keringanan
TINJAU : Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan meninjau koperasi, di Pemkot Depok, Rabu (07/10). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dampak Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh dalam semua aspek. Tak terkecuali bagi dunia koperasi di Kota Depok. Dinas Koperasi dan UMKM (DKUM) Kota Depok sadar akan hal tersebut.

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, efek Covid-19 ini tidak bisa dihindari. Di koperasi, masalah yang muncul, salah satunya omzet menurun pada anggota koperasi yang bekerja sebagai pedagang, koperasi angkutan, dan lainnya.

Jalan keluarnya, ujar dia, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meringankan. Kebijakan tersebut antara lain dengan memberikan relaksasi atau penundaan dalam membayar angsuran koperasi dan juga fleksibelitas antara anggota-pengurus dalam menyelesaikan masalah.

“Karena koperasi prinsipnya, yang meminjam adalah anggota sendiri. Jadi istilah teman-teman pengurus semacam kesepakatan-kesepakatan dengan kemampuan UMKM masing-masing,” jelasnya kepada Radar Depok Rabu (07/10).

Dia menjelaskan, sistem koperasi Kota Depok mengutamakan kebersamaan. Berbeda dengan sistem peminjaman di bank. Jadi, tetap ada fleksibelitas.

“Inilah kelebihan dari koperasi, di satu sisi dia badan usaha yang sifatnya harus menghasilkan keuntungan, tapi disi lain dia bersifat sosial. Salah satunya ada pembahasan diskusi/dialog dan musyawarah antar anggotanya,” ungkap Fit, sapaannya.

Bicara soal Rapat Anggota Tahunan (RAT). Fit menjelaskan, pada masa pandemi Covid-19, RAT masih belum banyak dilakukan secara tatap muka. Kebanyakan digelar lewat daring. Hal ini dilakukan agar tidak menekan laju kenaikan kasus positif.

“Sejauh ini sudah ada 60 koperasi yang melakukan RAT dari 160 koperasi. Bagi yang belum melakukan RAT sedang kami dorong agar segera melaksanakan. Meskipun secara daring/online/video conference,” jelasnya.