Pilkada Depok 2020 Momentum Bangkitnya Perempuan Depok

In Politika
bangkitnya perempuan depok
PERNYATAAN SIKAP : Relawan Tim Penggerak Jalan Baru Kampung Lio, Kecamatan Pancoranmas, siap memenangkan Pradi-Afifah pada perhelatan Pilkada Depok 2020. FOTO : IST FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Kemunculan sejumlah kelompok relawan di Pilkada Depok, bukanlah fenomena baru. Mereka tumbuh, bahkan bangkit lagi. Seperti oase yang menyemarakan pesta demokrasi. Hal itu disampaikan Ketua Barisan Independen Nasional (Barinas) Kota Depok, Ning Woro Supeni.

Ning menilai, asal mereka muncul umumnya dari elemen non parpol dan sangat bervariasi. Teman alumni, asosiasi atau kelompok pedagang, notaris, kesukuan, agama, kelompok perempuan, dan kelompok lainnya.

“Bila diidentifikasi tujuan kemunculan mereka, lebih bersifat persamaan paham tentang visi misi calon, persamaan gender. Atau isu perubahan, yang lebih bersifat ideologi,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Ning Woro, di Kota Depok keterlibatan emosional karena calon perempuan sangat tinggi. Karena baru kali pertama Depok punya calon perempuan yang berani calonkan diri. Ia menjelaskan, seseorang disebut relawan jika telah menyediakan waktunya, tanpa pamrih, untuk melakukan sesuatu yang dapat berkontribusi positif terhadap kemenangan calonnya. Jadi berlandaskan ideologi, dan perjuangan yang dilakukan dengan tulus.

Di Barinas, Ning Woro mengharapkan seluruh anggotanya jadi relawan sejati, yang visioner, loyal, berkarakter, berkomitmen,  mempunyai kreativitas dan kapabelitas. Menurutnya, aksi mempromosikan calon juga diperlukan kreativitas. Misalnya, door to door di tetangga, nangkring di warung, chating di komunitas media sosial dan aksi lain.

“Aksi ini hanya perlu semangat, loyalitas, kreativitas dan pemahaman akan visi dan misi yang diemban calonnya,” ucapnya.

1 of 2

You may also read!

bank sampah tanjung

Melihat Giat Bank Sampah Tanjung : Enam Bulan Vakum, Kini Kembali Berjalan

TIMBANG : Bank Sampah Tanjung RT7/20 Sukatani saat melakukan penimbangan. FOTO :  ISTIMEWA   Masa pandemi yang

Read More...
renovasi musala 2 m

Renovasi Musala Arrahma Serap Rp2 M

DIRENOVASI : Pekerja sedang mengerjakan renovasi Musala Arrahma di RT4/3 Duren Mekar. FOTO : INDRA

Read More...
komunitas ciliwung sungai

Komunitas Kali Ciliwung Depok : Tetap Beraksi, Hindari Kerumunan

SUSUR CILIWUNG : Komunitas Ciliwung Depok sedang menyusuri sungai Ciliwung, beberapa waktu lalu. FOTO :

Read More...

Mobile Sliding Menu