Revitalisasi TPA Cipayung Telan Rp776 M

In Metropolis
revitaliassi TPA cipayung
PERBAIKAN TPA : Pengendara motor saat melintas di area TPA Cipayung dengan pemandangan gunung sampah, di Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Rabu (21/10). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Revitalisasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung memasuki tahap pengkajian Detail Engineering Design (DED), diperkirakan menelan anggaran Rp776 Miliar untuk mempercantik lahan seluas 10 hektar tersebut. Sumber dana berasal dari APBD Provinsi serta APBN.

Hal itu disampaikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) TPA Cipayung, Asep Q. Hidayat, Rabu (21/10).

“Itu masih hitungan konsultan ya. Buat anggaran segitu APBD tidak akan sanggup, makanya kami minta bantuan dari Provinsi maupun Pusat,” terang Asep kepada Radar Depok.

Asep memaparkan, revitalisasi yang dimaksud meliputi, pengolahan sampah menjadi lebih bermanfaat untuk disuplai ke indocement, perbaikan fisik hingga Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). Namun, revitalisasi tergantung kebijakan dari penggelontor dana, jika diturunkan semua akan dilakukan secara menyeluruh. Tapi jika bertahap, hal itu tidak masalah, sebab pihaknya hanya menanti keputusan.

“Tapi tetap direvitalisasi bertahap. Misalnya, yang paling prioritas pengolahan sampahnya, agar lahan leluasa. Karena tidak mungkin kami kerjakan lahan yang sempit atau terbatas seperti ini,” terangnya.

Nantinya, jika direvitalisasi, TPA akan mendatangkan alat pengolahan sampah modern yang dapat mengubah gunungan sampah tersebut menjadi bahan bakar batu bara dan dikirimkan ke indocement, untuk proses pembuatan semen. Ia melanjutkan, sebelum sampah diolah menjadi bahan bakar batu bara, akan dilakukan pengeringan terlebih dahulu untuk memaksimalkan proses pengolahan.

“Kalau dijelaskan kondisi TPA sangat prihatin sekali, dari 10 hektar tempat penampungan sampah hanya 4,5 hektar. Sudah overload menampung sampah warga Depok,” beber Asep.

1 of 2

You may also read!

Hari santri depok

109 Ponpes di Depok Serentak Rayakan Hari Santri

HARI SANTRI : Kepala Kemenag Depok Haji Asnawi saat memberikan sambutan Hari Santri Nasional, di

Read More...
dalosa jajakan frozen

Dalosa Jajakan Frozen Food Tanpa Pengawet

NIKMAT : Frozen Food produk Dalosa nikmat, halal, dan sehat karena tidak memakai pengawet atau

Read More...
olah jahe leuwinanggung

Kaum Ibu di Leuwinanggung Dilatih Olah Jahe

KEGIATAN : Pjs Ketua TP PKK Kota Depok, Lutfi Erlita Widiasi (dua dari kanan), mengunjungi

Read More...

Mobile Sliding Menu