penghargaan RW di depok
HARUMKAN DEPOK: Ketua RW01 Ratujaya Jaelani (kiri atas) saat mengikuti Festival Iklim 2020, yang meraih penghargaan Proklim tingkat Nasional, di gelar KLHK RI secara virtual, Jumat (23/10). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
penghargaan RW di depok
HARUMKAN DEPOK : Ketua RW01 Ratujaya Jaelani (kiri atas) saat mengikuti Festival Iklim 2020, yang meraih penghargaan Proklim tingkat Nasional, di gelar KLHK RI secara virtual, Jumat (23/10). FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah berhasil meraih sebagai lingkungan terbersih se-Kota Depok. Kini, RW01 Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, meraih penghargaan sertifikat Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Nasional dari Kemetrian Lingkungan Hidup dan Kebersihan (KLHK) RI, yang berlangsung virtual, Jumat (23/10).

Ketua RW01 Ratu Jaya, Jaelani mengatakan, penghargaan tersebut di dapat dari penilaian lingkungan yang dapat memanfaatkan lingkungan menjadi lebih hijau dan bersih, untuk membantu perikliman menjadi lebih baik.

“Lingkungan memang penting, kami menilai warga dan lingkungan harus berjalan berdampingan sehingga dapat menciptakan suasana baik,” terang Jaelani kepada Radar Depok.

Proklim yaitu lingkungan tersebut, memanfaatkan lahan kosong menjadi lebih manfaat dengan menanamkan sejumlah tanaman obat, sayuran, dan lainnya. Hal ini tentu akan mengurangi sampah yang dihasilkan warga, sehingga lingkungan tidak kumuh dan dapat menjadi sumber penyakit.

“Kami lakukan secara bersama. Mengedukasi warga yang paling sulit, tapi semua tidak sia-sia, makin ke sini warga semakin menikmati hasilnya. Dari tingkat Kota sampai Nasional,” jelasnya.

Ia juga membeberkan, raihan yang di dapat warga juga tidak terlepas dari pendampingan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, yang senantiasa memberikan dukungan dalam bentuk edukasi, sehingga semangat masyarakat semakin terpacu untuk menjadi inspirasi lingkunan lainnya.

“Ini akan menjadi kebanggaan buat semua warga depok, semakin menginspirasi. Terutama untuk anak cucu biar menjadi teladan,” ungkap Canut sapaannya.