Beranda Pendidikan Sekolah Se-Depok Ditargetkan Masuk Adiwiyata

Sekolah Se-Depok Ditargetkan Masuk Adiwiyata

0
Sekolah Se-Depok Ditargetkan Masuk Adiwiyata
ASRI : Suasana SMNA 1 di Jalan Nusantara Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas Kota Depok yang masuk dalam penilaian Adiwiyata. FOTO : ISTIMEWA
sekolah adiwiyata SMAN
ASRI : Suasana SMNA 1 di Jalan Nusantara Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas Kota Depok yang masuk dalam penilaian Adiwiyata. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, punya ekspetasi tinggi terhadap sekolah se-Kota Depok. Dinas yang dipimpin Ety Suryahati ini menargetkan seluruh sekolah di Kota Depok bisa ikut dalam program sekolah berbasis lingkungan atau Adiwiyata.

“Kalau di 2018, ada 89 sekolah yang terverifikasi masuk ke dalam Program Adiwiyata. Dan 2019 ada 15 sekolah yang masuk Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Barat. Tahun ini, kami ingin delapan sekolah yang akan diverifikasi Oktober ini, lolos semua,” ujar Ety Suryahati, kepada Radar Depok, Rabu (14/10).

Menurutnya, selain sosialisasi. DLHK juga memberikan pendampingan serta pembinaan kepada calon sekolah yang konsisten, ikut dalam program Adiwiyata. Pendampingan terus dilakukan, mengingat tidak hanya fisik sekolah yang menjadi instrumen penilaian. Melainkan juga dokumen dan administrasi lainnya.

“Sampai saat ini masih banyak sekolah yang konsisten ikut program Adiwiyata setiap tahunnya. Seperti SMAN 10, SMAN 5 dan SMAN 1. Bahkan, ada juga Sekolah Adiwiyata yang sudah masuk tingkat nasional yaitu SDIT Al Haraki,” ucapnya.

Dia berharap, konsistensi ini bisa terus berjalan dan menular ke sekolah-sekolah lainnya. Dengan begitu, predikat sekolah Adiwiyata bisa bertambah setiap tahunnya.

“Masyarakat di sekolah harus sadar, bahwa lingkungan yang bersih dan pola hidup yang baik dimulai dari kebiasaan,” bebernya.

Pemerintah Pusat memiliki standar khusus dalam menetapkan suatu sekolah menjadi Sekolah Adiwiyata. Ada beberapa komponen yang menjadi perhatian dan penilaian pemerintah. Komponen yang harus dipenuhi sekolah antara lain adanya kurikulum atau pembelajaran di sekolah, ekstrakurikuler dan pembiasaan diri yang mengintegrasikan aksi penerapan lingkungan. Misal, kebersihan, pengelolaan sampah, penanaman dan pemeliharaan tanaman.