SKSG UI Gelar Kuliah Umum bersama BNPT

In Pendidikan
rektor UI webinar
VIRTUAL : Rektor Universitas Indonesia, Prof Ari Kuncoro, mengikuti Kuliah Umum bertajuk Strategi dan Tantangan Penanggulangan Terorisme di Indonesia, bersama Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli Amar, Jumat (9/10). FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia (SKSG UI) menggelar Kuliah Umum bertajuk Strategi dan Tantangan Penanggulangan Terorisme di Indonesia bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Kuliah Umum dibuka langsung oleh Rektor UI, Prof Ari Kuncoro, dihadiri pula Wakil Rektor UI, Dr. Muhammad Luthfi Zuhdi, dan Direktur SKSG UI, Athor Subroto, pada Jumat (9/10).

Kepala BNPT Dr. Boy Rafli Amar menjabarkan terkait perkembangan terkini ancaman terorisme di Indonesia. Kuliah dimulai dengan gambaran ancaman terorisme global, diantaranya isu propaganda kelompok teror dan isu foreign terrorist fighters, warga negara Indonesia yang bergabung dalam berbagai wilayah konflik di luar negeri.

Kepala BNPT juga menyoroti propaganda yang membuat kelompok seperti ISIS dapat memengaruhi masyarakat untuk bergabung dengan tawaran hidup yang lebih baik. Selain menyoroti terorisme sebagai gerakan transnasional, juga menggambarkan genealogi kelompok teror di Indonesia, seperti kelompok Jama’ah Islamiyah dan afiliasi ISIS di Indonesia. Terakhir, paparan ditutup dengan strategi BNPT seperti kontra radikalisasi, deradikalisasi, dan usaha sinergitas antar lembaga.

Rektor UI, Prof. Ari mengatakan, pentingnya tantangan dan ancaman terorisme di Indonesia untuk dibahas dalam tataran akademik. “Dengan adanya program studi Kajian Terorisme SKSG UI merupakan salah satu bentuk kontribusi UI untuk memberikan pandangan-pandangan ilmiah, dan riset berkualitas dalam isu-isu yang akan menjawab tantangan penanggulangan terorisme di Indonesia,” ungkapnya.

Direktur SKSG UI Dr. Athor Subroto mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih pemikiran dan informasi yang kredibel untuk sivitas akademika dan tentu saja masyarakat luas dalam isu terorisme di Indonesia.

“SKSG UI akan terus menghadirkan forum-forum ilmiah yang bersifat strategis dan global seperti isu terorisme,” terangnya.

Diskusi yang dimoderatori oleh Dr. Muhamad Syauqillah, Ketua Program Studi Kajian Terorisme SKSG UI, ini disaksikan lebih dari 300 orang peserta secara virtual. (rd/gun)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

imam budi bernyanyi

Program Idris-Imam Dapat Dipertanggungjawabkan

MELEBUR : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono melebur bersama Relawan Trilis

Read More...
kuota internet al hidayah

MI Al Hidayah dapat 600 Paket Kuota

Kepala sekolah MI Al Hidayah, Ruju kusmiani.   RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS - Pada masa pandemi Covid-19. Pemerintah membagikan

Read More...

Jadwal dan lokasi Pemadaman Listrik di Kota Depok Rabu, 21 Oktober 2020

  RADARDEPOK.COM - PLN (Persero) menginformasikan jadwal pemeliharaan jaringan listrik berupa aktivitas pemadaman sementara secara bergilir di Kota Depok pada

Read More...

Mobile Sliding Menu