kampung KB bojongsari
KOMPAK : Pengurus Kampung KB RW14 Kelurahan Bojongsari, disela kerjabakti mereka. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
kampung KB bojongsari
KOMPAK : Pengurus Kampung KB RW14 Kelurahan Bojongsari, disela kerjabakti mereka. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

 

Kesadaran warga RW14 Kelurahan/Kecamatan Bojongsari, akan kebersihan lingkungan nampaknya sangat tinggi. Jika sebelumnya, kelompok pemuda di sana rutin melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, disusul kelompok ibu-ibu warga RW14. Kali ini, pengurus Kampung KB, juga turun tangan melanjutkan tugas bersih – bersih tersebut.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Sekelompok ibu–ibu berdaster dan berjilbab dengan masker yang menempel di wajah, begitu cekatan mengangkat sampah  plastik dan daun yang berguguran, dari muka Jalan Lingkungan RW14, Kelurahan/Kecamatan Bojongsari. Mereka begitu kompak dalam melaksanakan kegiatan kerja bakti tersebut.

Diantara mereka, ada yang bertugas sebagai penyapu jalanan, ada yang bertugas mengangkati sampah dan ada yang bertugas menyusun tumpukan sampah yang dimasukan dalam karung untuk dibuang ke tempat pembuangan sementara.

Ketua RW14 Bojongsari, Daud Sulaiman yang sedang mendampingi mereka mengatakan, kegiatan kerjabakti tersebut merupakan inovasi ibu – ibu pengurus Kampung KB RW 14 Kelurahan Bojongsari yang diberi nama sahabat kebersihan kampung dan lingkungan hidup (Shaberpunglhi).

“Namanya memang nyerempet Satuan Tugas Saber Pungli yang menangkapi koruptor, tapi mereka berbeda, mereka hanya memberantas sampah saja agar lingkungan jadi bersih dan sehat,”kata Daud seraya tersenyum.

Pengurus Kampung KB RW14 Bojongsari rutin melakukan kerjabakti sebulan sekali, bergantian jadwal dengan kelompok lain, seperti kelompok pemuda dan kelompok ibu-ibu.

“Mereka memiliki tema dalam kerjabakti ini, yaitu contohin langsung bersih kampung (CLBK),”bebernya.

Daud mengaku senang dengan kekompakan warganya yang mau turun tangan membersihakn lingkungannya.

“Semoga semangat ini tidak pernah berkurang apalagi sampai pudar. Karena kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab kita semua agar kita bisa hidup sehat berdampingan dengan alam ini,”pungkasnya. (rd/dra)

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Pebri Mulya