UKM belimbing bantu pengusaha
MAJUKAN USAHA LOKAL :  Inisiator Pasar Herbal Depok, Harjianto menunjukan jamu-jamu lokal. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK
UKM belimbing bantu pengusaha
MAJUKAN USAHA LOKAL :  Inisiator Pasar Herbal Depok, Harjianto menunjukan jamu-jamu lokal. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati berupa tanaman rempah dan obat yang tumbuh subur hampir diseluruh wilayah.

Sejak pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, konsumsi jamu yang berasal dari tanaman lokal meningkat kebutuhannya. Menjawab tantangan tersebut, Rumah Kreatif Belimbing atau UKM Belimbing menginisiasi program kegiatan pemberdayaan pengusaha jamu bertajuk ‘Pasar Herbal Depok’.

“Sejak saya inisiasi pada Maret 2020, sudah ada 40 pengusaha jamu lokal kota Depok bergabung,” ungkap Inisiator Pasar Herbal Depok, Harjianto kepada Radar Depok, Minggu (04/10).

Ia menerangkan, ada 10 program dari Pasar Herbal Depok untuk membantu mengembangkan pengusaha jamu dari hulu hingga hilir. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan antara lain berkunjung ke Balai Penetilian Tanaman Rempah dan Obat, konsultasi branding ke GambaranBrand, penjajakan business matching dengan Hotel Santika dan Hotel Savero, hingga keliling mendatangi pengusaha jamu kerumahnya.

“Untuk memajukan pengusaha jamu, kami tidak sanggup sendirian bekerja. Butuh peran aktif masyarakat dan pemangku kepentingan untuk mendukung program yang sudah dicanangkan,” jelasnya.

Lebih lanjut, sambung dia, beberapa program unggulan Pasar Herbal Depok, antara lain pembuatan e-katalog, standarisasi alat produksi, sampai diskusi online (webinar).