kasus DBD di tugu
FOTO BERSAMA : Anggota Pokja Sehat, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
kasus DBD di tugu
FOTO BERSAMA : Anggota Pokja Sehat, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TUGU – Terhitung sejak Januari hingga Juli 2020, di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, tercatat ada 172 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Ketua Pokja Sehat Kelurahan Tugu, Slamet Widodo menjelaskan, memang di tahun 2020 ini terjadi peningkatan kasus DBD dari tahun sebelumnya.

“Pada 2019, dari Januari hingga Desember ditemukan 134 kasus DBD. Sedangkan di 2020 ini, dari Januari hingga Juli tercatat ada 172 kasus,” ujarnya kepada Radar Depok, Jumat (27/11).

Ia merincikan, Januari (delapan kasus), Februari (36 kasus), Maret (61 kasus), April (46 kasus), Mei (lima kasus), Juni (12 kasus), dan Juli (empat kasus).

“Data tersebut, kami dapat dari hasil penelusuran kader dimasing-masing RW dan data dari Puskesmas Tugu,” terangnya.

Dengan ternyadinya peningkatan dari tahun sebelumnya, pihaknya bersama dengan kader dan Puskesmas untuk menekan peningkatan DBD di wilayahnya.

“Kami mengajak masyarakat untuk sama-sama melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), di mulai dari rumahnya masing-masing. Mulai dari bak mandi, serta genangan air di sekitarab rumah,” ucapnya.

Pihaknya juga melakukan pemantauan melalui Juru Pemantau Jentik (Jumantik), untuk melaporkan hasilnya dari tiap lingkungan.

“Kegiatan dari Jumantik juga rutin dilakukan, melakukan pengecekan secara door to door. Ini juga menjadi salah satu upaya kami untuk menekan peningkatan DBD di Tugu,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya