2 Juta Pendidik dan Tenaga Kependidikan Non PNS Akan Terima Rp 1,8 Juta

In Pendidikan
senyum nadiem makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim.

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Pendidik dan tenaga kependidikan nonpegawai negeri sipil (PNS) sebanyak 2 juta orang akan mendaptkan intensif sebesar Rp 1,8 juta selama pandemi Virus Korona (Covid-19).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, insentif tersebut diberikan kepada dosen dan guru honorer, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, dan pendidik PAUD.

“Kita berhasil mendapat subsidi upah untuk honorer dan tenaga kependidikan non-PNS sebesar Rp1,8 juta yang diberikan satu kali, jadi sekaligus,” katanya dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR di Senayan, Jakarta, Senin (16/11).

Selain itu , tenaga pendidik kesetaraan, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium dan tenaga administrasi turut diberikan insentif. Kebijakan ini berlaku untuk seluruh sekolah dan perguruan tinggi negeri serta swasta.

“Total sasaran 2 juta orang. Paling besar guru honorer Rp1,6 juta, dan sisanya dosen dan tenaga pendidik. Total anggaran yang disiapkan Rp3,6 triliun,” katanya.

Mengutip paparan yang disampaikan Nadiem, rincian total target penerima insentif ada 2.034.732 orang. Jumlah tersebut meliputi 1.634.832 guru dan pendidik di sekolah negeri dan swasta. Kemudian 162.277 dosen di PTN dan PTS, serta 237.623 tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium dan tenaga administrasi.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menerima insentif ini. Di antaranya, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), bukan PNS, tidak menerima subsidi upah dari Kementerian Tenaga Ketenagakerjaan dan Kartu Prakerja sampai 1 Oktober 2020, serta memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta.

Bahkan, Nadiem bakal memberikan kesempatan semua guru honorer mengikuti tes menjadi Pegawai Pemerintah dan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Ia menegaskan semua guru honorer di seluruh wilayah Indonesia dapat mengikuti tes berbasis komputer ini mulai 2021.

1 of 2

You may also read!

Menteri BUMN Erick Thohir

Ini Jumlah Kekayaan Erick Thohir yang Dipercaya Jokowi Gantikan Posisi Sri Mulyani

Erick Thohir   RADARDEPOK.COM - Karier Menteri BUMN Erick Thohir di pemerintahan semakin mulus. Apalagi, sekarang ini Erick

Read More...
keket akan hadir ke sidang

Besok Keket Tiba di Kejari Depok

Chatrine Wilson mengenakan baju tahanan.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Model papan atas Indonesia Chatrine Wilson yang terjerat

Read More...
habib rizieq maulid nabi

Kerap Kumpulkan Massa, Muncul Petisi Habib Rizieq Harus Dikarantina

Kegiatan Maulid Nabi yang diadakan di Markas FPI di kawasan Petamburan, Jakarta. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM

Read More...

Mobile Sliding Menu