kantong darah terkumpul tugu
SEHAT : Masyarakat sedang melakukan donor darah, di aula Kantor Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kamis (19/11). FOTO : LULU/RADAR DEPOK
kantong darah terkumpul tugu
SEHAT : Masyarakat sedang melakukan donor darah, di aula Kantor Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kamis (19/11). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TUGU – Pokja Sehat Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, melakukan donor danar, di aula kantor kelurahan setempat, Kamis (19/11). Hasilnya, mampu terkumpul 33 kantong darah.

Staf Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Depok, Achmad menuturkan, untuk kegiatan donor darah kali ini, terdapat 46 pendaftar di wilayah Kelurahan Tugu.

“Dari 46 yang mendaftar, hanya 33 orang orang yang berhasil mendonorkan darahnya. Hal tersebut karena faktor Hemoglobin (HB) rendah, tinggi atau yang lainnya,” ucapnya kepada Radar Depok.

Lebih lanjut, Achmad menerangkan, dari 33 kantong darah tersebut yang didapatkan, golongan darah terbanyak yaitu O. “Golongan darah A (9 kantong), golongan darah B (8 kantong), O (13 kantong) dan AB (3 kantong),” jelasnya.

Sementara, Ketua Pokja Sehat Kelurahan Tugu, Slamet Widodo menerangkan, kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali oleh Pokja Kelurahan Sehat yang bekerjasama dengan PKK, Karang Taruna, dan Komunitas Donor Darah Cimanggis (KD2C).

“Kegiatan ini dilakukan, selain membantu PMI, kami juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap sesama. Karena, satu tetes darah bisa menyelamatkan nyawa orang lain,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, yang turut serta mendonorkan darahnya yaitu masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kelurahan Tugu. “Semoga kegiatan seperti ini, dapat terus kami galangkan untuk membantu sesama yang membutuhkan,” pungkasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya