5 Tanaman Hias Paling Dicari di Indonesia

In Ekbis dan Hiburan

Tanaman hias, sekarang ini sedang hits lagi. Berbagai tanaman harganya bisa mencapai jutaan bahkan sampai ratusan juta.

Sebelum membeli dan membudidayakan tanaman hias, tentu harus memahami betul serta melakukan riset pasar terhadap harga tanaman yang musiman atau yang kerap berubah-ubah ini.

Upaya itu dilakukan guna memprioritaskan mana penjualan dari jenis tanaman hias yang memiliki profit tinggi dan jangka panjang.

Berdasarkan rangkum tanaman hias paling mahal di Indonesia. 5 daftar tanaman hias bunga dan daun :

 

1. Anggrek Hitam Papua

tanaman hias 1

Anggrek hitam Papua bisa dipatok harga hingga mencapai Rp100 juta. Alasannya, tanaman hias yang satu ini termasuk golongan tanaman langka.

Secara karakteristik, bunga anggrek hitam Papua memiliki kelopak berwarna hitam dan putik berwarna merah muda cerah. Tentu dari ciri warna yang khas tak seperti anggrek lain yang biasa ditemukan.

Tanaman hias yang satu ini memiliki keistimewaan yang bernilai estetik. Tak heran, jika kini orang mulai berlomba mencari bibit dan mulai membudidayakan tanaman hias anggrek hitam Papua.

 

2. Bonsai

Sejak dulu hingga kini bonsai memiliki nilai jual pasar yang tinggi dan stabil. Tampaknya tanaman hias yang satu ini memang memiliki kolektor setia, sehingga bonsai masih terus dikategorikan sebagai tanaman-tanaman hias paling mahal.

Dalam sebuah marketplace online, Bonsai Kihuhan emas dibanderol dengan harga Rp4 juta, sementara Bonsai Kimeng didagangkan dengan harga pasaran awal Rp50 juta.

Bonsai merupakan tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal. Tujuannya untuk menciptakan miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.

 

3. Monstera

tanaman hias 4

Tanaman estetik milenial Monstera dengan tipe tertentu dijual di sebuah marketplace online seharga Rp20 juta untuk empat daunnya.

Monstera merupakan tanaman tropis dari Araceae family yang memiliki puluhan jenis varietas. Dari puluhan varietas tersebut, setidaknya ada satu jenis tanaman yang paling sering dibudidayakan dan terkenal dari yang lainnya, yakni Monstera Deliciosa.

Monstera Deliciosa memiliki tipe deliciosa variegata yang jarang ditemukan sebagai dekorasi rumah. Penyebabnya, ia membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh serta memiliki ciri bercak krem kekuningan di daunnya.

Namun siapa sangka, justru proses tumbuhnya yang lama membuat Monstera Deliciosa Variegata ditawarkan dengan harga tak murah.

 

4. Anthurium

Anthurium tipe Jemani Cobra Varigata dihargai mulai dari Rp1,5 juta dalam sebuah marketplace online. Selain itu, tanaman ini memang terkenal mahal dalam beberapa tahun silam, bahkan harganya ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Jenis bunga Anthurium sendiri merupakan tanaman yang berasal dari keluarga Araceae. Yang menarik dari Anthurium adalah bentuk daunnya yang indah, variatif, dan unik.

Tanaman hias ini termasuk jenis tanaman evergreen atau tidak mengenal masa dormansi. Di alam bebas, biasanya Anthurium hidup secara epifit atau hidup dengan menempel di batang pohon. Namun, ia juga dapat hidup secara terestrial di dasar hutan.

Sementara dalam kehidupan budidayanya, tanaman ini dapat ditanam dan dirawat dalam sebuah pot khusus asalkan memiliki sirkulasi air yang baik.

 

5. Red Aglaonema

Tanaman hias yang satu ini dibandrol dengan harga Rp1,5 juta dalam sebuah marketplace online. Tercatat tak kurang dari 10 orang sudah membelinya.

Tanaman sri rejeki atau aglaonema merupakan salah satu tanaman paling diminati dan banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sesuai dengan nama harfiahnya, tanaman ini dipercaya mampu memberikan energi positif untuk mendatangkan rejeki.

Aglaonema red memiliki bentuk daun yang unik, dengan motif yang apik, ditambah warna merah memukau seakan menyala dari tanaman ini.

You may also read!

Membangun Kesadaran Beragama

  Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar Ketua MUI Kota Depok   AGAMA Islam merupakan tuntunan hidup yang menyelamatkan. Karena agama mengatur pola hidup

Read More...
tiang listrik sejarah depok

5 Calon Cagar Budaya Depok Segera Rampung

Tiang listrik yang ada di kawasan Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas menjadi salah satu calon

Read More...
gerabah menangkan pradi

Geliat Gerabah Menangkan Pradi-Afifah : Bersatu Gaungkan Perubahan, Sehari Dampingi Paslon Empat Titik

PENDAMPINGAN : Pembina Gerabah, H. Sarmili dan Ketua Gerabah, Edmon Johan mendampingi Paslon Walikota dan

Read More...

Mobile Sliding Menu