910 ODF Tugu Belum Beres

In Satelit Depok
ODF tugu belum beres
GIAT : Rapat Koordinator (Rakor), Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS), di aula Kelurahan Tugu, Rabu (18/11). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TUGU – Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, masih memiliki 910 Open Defecation Free (ODF). Hal ini diketahui, saat dihelat Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) tingkat kelurahan, Rabu (18/11).

Ketua Pokja Sehat Kelurahan Tugu, Slamet Widodo menerangakan, permasalahan kesehatan yang paling kompleks di Tugu ialag ODF.

“Masih ada 910 ODF yang ada di Tugu. Hal ini, tentu akan menganggu dan mencemari lingkungan,” ucapnya kepada Radar Depok

ODF atau stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan, merupakan kondisi setiap individu yang tidak BAB sembarangan, yang mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Slamet menjelaskan, faktor utama masih banyaknya ODF, karena memang beberapa lokasi pemukiman berada di bantaran Kali Laya dan Kali Baru.

“Khususnya di lingkungan RW1, RW2, RW3, dan RW4. Dan kami juga sudah mensosialisasikan kepada masyarakat, terkait ODF ini,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Camat Cimanggis, Abdul Rahman, yang hadir dan pembuka acara menuturkan, Rapat Koordinasi (Rakor) Pokja Sehat tingkat Kelurahan ini, bertujuan untuk memecahkan masalah dan solusi terkait kesehatan di wilayah Tugu.

“Memang, masalah kesehatan yang paling di tekankan yaitu ODF. Untuk itu, kami terus mendorong agar dari 910 dapat terus bergerak menuju bebas ODF,” tuturnya.

Walaupun, ini merupakan hal yang cukup berat. Untuk itu, Abra mengajak kerjasama baik pemerintah, tokoh masyarakat dan lingkungan, agar aktif dalam menyelesaikan permasalahan ini.

1 of 2

You may also read!

KPM mekarsari sembako

300 KPM Mekarsari dapat Sembako

SALURKAN : Penyaluran bantuan Peogram Keluarga Harapan (PKH), Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis. FOTO : LULU/RADAR

Read More...
ridwan kamil libur panjang

Emil Keseret Getah Megamendung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Pelanggar protokol kesehatan terus diburu Polisi Republik Indonesia

Read More...
program pradi afifah membumi

Program Pradi-Afifah Lebih Membumi

DUKUNG : Warga Muhammadiyah yang tergabung dalam Relawan Surya Muda Pendukung Pradi-Afifah (Samudra) punya penilaian

Read More...

Mobile Sliding Menu