Ancaman Ular Meningkat di Depok

In Metropolis
damkar selfie dengan ulat
EVAKUASI : Petugas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok saat mengevakuasi ular dengan ukuran sekitar 4 meter dari permukiman warga, di kawasan Kecamatan Cilodong. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Ancaman dari ular di Kota Depok terus terjadi. Tak hanya bencana dan pandemi, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mencatat selama kurun satu bulan terjadi peningkatan dalam mengevakuasi ular, terutama ular kobra.

Kasi Kebakaran dan Penyelamaran Damkar Kota Depok, Tesy Haryati menerangkan, penangkapan ular dalam Oktober kemarin mengalami peningkatan, tercatat ada 20 pengevakuasian ular dari permukiman warga. Ada seluruh evakuasi yang dilakukan total ada sekitar 21 ular kobra, ular jawa, dan jenis lainnya yang berhasil diamankan.

“Kemungkinan bulang November ini akan terjadi peningkatan lagi. Musim hujan seperti ini, ular akan keluar menyari tempar yang nyaman dan hangat,” terangnya kepada Radar Depok.

Dia membeberkan, beberapa wilayah yang laporan masuknya paling banyak, alias wilayah yang kerap ditemukan ular, seperti Kecamatan Cilodong yang mulai banyak perumahan. Kehadiran ular salah satunya dari alih fungsi lahan kosong menjadi perumahan. Berikutnya, ada Kecamatan Sukmajaya, kalau di wilayah tersebut karena banyaknya barang menumpuk yang sudah tidak terpakai.

“Lokasi tersebut yang paling banyak melapor. Tapi tetap kita sampaikan buat wilayah lain tetap waspada, jangan disepelekan,” beber Tesy.

Menurutnya, jika melihat ular sedang melintas agar tidak panik. Sehingga melakukan penanganan dengan sendiri, hal tersebut justru membahayakan dirinya sendiri. Serta pastikan untuk mengikuti jejak ular kemana pergi, lalu tetap hubungi petugas untuk meminta bantuan.

“Disarankan buat selalu waspada, perhatikan kerapihan dan kebersihan rumah. Hubungi petugas kalau ada ular, kami ada peralatan dan perlengkapan buat evakuasinya,” sarannya.

1 of 2

You may also read!

rumah blandongan perlu dirawat

Rumah Blandongan Butuh Perhatian Pemerintah

TUA : Warga sekitar sedang berteduh dalam naungan rumah blandongan di RT02/03, Kelurahan Dumek. FOTO

Read More...
cahterina wilson di penjara

Keket Disangkakan Tiga Pasal

SANTAI : Model Chatherine Wilson sedang santai dalam sebuah fotonya yang seolah-olah dalam penjara. FOTO

Read More...
imam budi kebijakan strategis

Idris-Imam Puji KNPI Depok

DISKUSI : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono menghadiri kegiatan Mimbar

Read More...

Mobile Sliding Menu