Asrinya Kebun Atap Gedung SMP Islamiyah Serua : Ditumbuhi Terong, Bayam dan Berbagai Jenis Sayuran

In Satelit Depok
kebun atap SMP islamiyah
TUNJUKKAN KEBUN : H Bahrum sedang menunjukan keindahan kebun sayur di atas SMP Islamiyah Serua. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Terbatasnya lahan pertanian di wilayah Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok menggugah pihak sekolah SMP Islamiyah Serua memanfaatkan lantai beton dijadikan areal pertanian produktif.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Di lantai tiga gedung Sekolah SMP Islamiyah Serua, terhampar luas tanaman sayur nan asri dan segar yang mampu membius setiap mata yang memandangnya. Jika dilihat sepintas, tak akan ada yang percaya jika kebun sayur tersebut dibuat di atas gedung sebuah sekolah.

Komite Sekolah SMP Islamiyah Serua, H Bahrum mengatakan, meski hanya berukuran 8×9 meter persegi di lantai tiga gedung sekolah tersebut, namun kebun tersebut sudah menghasilkan tumbuhan segar. Jenis sayuran seperti terong, bayam, kangkung setiap bulannya dipetik.

“Perkebunan ini snegaja kami buat untuk  mengedukasi siswa untuk belajar menanam, meskipun areal terbatas, namun hasilnya cukup memuasakan,” kata H. Bahrum, saat menunjukkan kebun sayur, belum lama ini.

Dari lahan pertanian terbatas, lanjut dia, bisa ditanami sayuran, seperti kankung, bayam dan terong. Hasilnya bisa dirasakan para guru setempat dan warga sekolah.

Sistem tanam menggunakan pot sederhana, dengan pemberian pupuk yang cukup, namun hasilnya tidak kalah dengan lahan pertaniaan terbuka. Setiap panen untuk kebutuhan para guru tercukupi.

Lahan pertanian ini, kata H. Bahrum sesungguhnya sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka ketahanan pangan, termasuk menuju sekolah ramah anak. Karena di bagian bawah sudah ditata seperti lapangan futsal, lengkap dengan pepohonan, sehingga pihaknya melakukan inovasi membuat lahan pertanian di lantai beton.

1 of 2

You may also read!

lengkap andre petshop

Produk Lengkap di Andre Petshop

LENGKAP : Bagi kamu yang punya hewan peliharaan, bisa banget kunjungin Andre Petshop, keperluan untuk

Read More...
warga PSKS disinfektan

Wilayah PSKS Terpapar Covid-19 Disterilkan

ANTISIPASI : Anggota Katar Kelurahan Tugu, Cimanggis sedang melakukan penyemprotan di salah satu rumah warga

Read More...
petugas pilkada rapid test

294 Petugas Pilkada Depok Dirapid Test

DITES : Salah satu peserta mengikuti rapid test yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota

Read More...

Mobile Sliding Menu