bilik UI penghargaan
PENGHARGAAN: Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menyerahkan piagam dan piala penghargaan kepada Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami. Insert: Bilik Swab Test Karya Peneliti UI yang ada di RSUI. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK
bilik UI penghargaan
PENGHARGAAN : Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menyerahkan piagam dan piala penghargaan kepada Wakil Rektor UI Bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami. Insert: Bilik Swab Test Karya Peneliti UI yang ada di RSUI. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Salah satu produk inovasi karya sivitas akademika multidisiplin ilmu dari Universitas Indonesia (UI), yaitu Bilik Swab Test Covid-19, berhasil meraih penghargaan sebagai Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19, dengan kategori ketangguhan massal, yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Penyerahan piagam penghargaan tersebut dilakukan pada Rabu (25/11) di Jakarta, yang diserahkan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada Wakil Rektor UI bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami.

Wakil Presiden RI Prof. Dr. (HC) KH Ma’ruf Amin hadir secara virtual dalam ajang tersebut, serta hadir pula Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Ketua Ombudsman Amzulian Rifai, dan pimpinan pemerintah daerah, kementerian/lembaga, serta perguruan tinggi.

Bilik Test SWAB (Swab Test Chamber) Covid-19 didesain untuk menjaga keamanan tenaga kesehatan dalam pengambilan sampel saat PCR Test. Bilik test ini aman bagi tenaga kesehatan dan pasien tes berikutnya, karena dilengkapi dengan disinfektan dan ultraviolet. Untuk komunikasi dengan pasien di luar, bilik dilengkapi sistem penerangan dan audio.

Inovasi Bilik Test SWAB dilakukan oleh para dokter di Fakultas Kedokteran (FKUI), insinyur di Fakultas Teknik (FTUI), dan para akademisi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI), yang bekerja sama dengan Rumah Sakit UI (RSUI). Pembuatan bilik swab tersebut memperoleh dukungan pendanaan inovasi pada Program Pendanaan Perancangan dan Pengembangan Purwarupa (P5) dari Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP UI).

“Inovasi pelayanan publik penanganan Covid-19 dibagi menjadi tiga kategori yakni, kategori Respons Cepat Tanggap atau Quick Wins, kategori Pengetahuan Publik atau Public Knowledge, serta kategori Ketangguhan Masal (Massive/Social Resilience),” ungkap Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Diah Natalisa.

Selain itu, 21 inovasi yang terpilih merupakan inovasi yang memenuhi kriteria, seperti memiliki kebaruan, kemanfaatan, efektif, serta transferable.