BPOM Beberkan Kabar Terbaru Terkait Vaksin Covid-19, Kemungkinan Tertunda

In Utama
ilustrasi vaksin korona
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Emergency use authorization (EUA) terkait rencana vaksinasi virus Korona (Covid-19), Kepala BPOM, Penny Lukito memberikan kabar terbarunya, khususnya untuk vaksin Covid-19 asal Sinovac yang diproyeksikan dipakai di Indonesia.

Dalam rapat dengan Komisi IX DPR, Selasa (17/11), Penny menjelaskan untuk mengeluarkan EUA harus ada 3 data yang dipenuhi. Yakni data terkait mutu atau kualitas, keamanan, dan efikasi dari uji klinis I, II, dan III.

“Data mutu kami dapatkan dari inspeksi ke Cina dan beberapa data yang sudah diberikan Sinovac. Menunjukkan data baik dan lengkap,” kata Penny.

Namun data terkait keamanan dan efikasi belum bisa didapatkan hingga pekan ketiga Desember 2020. Sebab, Indonesia belum mendapatkannya dari Sinovac dan juga Brasil yang telah menyelesaikan uji klinis III.

“Kami sudah menyampaikan ke Presiden dan Menkes, data tidak bisa didapatkan untuk minggu ketiga Desember 2020, Sehingga tidak bisa diberikan EUA pada Desember minggu kedua dan ketiga,” tutur Penny.

“Kami sudah dapat informasi dari Brasil mereka tidak bisa memberikan Sinovac. Sehingga tidak lengkap. Berdasarkan data yang ada kami tidak mungkin bisa memberikan EUA pada Desember 2020,” ungkapnya.

Penny menyebut EUA kemungkinan besar baru diberikan pekan ketiga Januari 2021. Dengan data lengkap dari Sinovac, Brasil, dan data sementara dari uji klinis III di Bandung.

Presiden Jokowi sebelumnya mengungkapkan bahwa vaksinasi dimulai Desember 2020. Dengan EUA tak bisa diberikan, apa vaksinasi tetap dimulai akhir tahun ini?

1 of 2

You may also read!

ilustrasi dana pensiun

Skema Pencairan Uang Pensiun Akan Berubah, Berikut Usulannya

  RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Berkaitan dengan tata kelola program dana pensiun (dapen) untuuk PNS/ASN ataupun keseluruhan, Pemerintah berencana untuk merombak

Read More...
luhut ketemu donald trump

Luhut ke Amerika Ketemu Donald Trump, Apa yang Dibahas?

Menko Luhut Binsar Pandjaitan (tiga kiri) diterima Presiden AS Donald Trump (tengah) di Gedung Putih,

Read More...
imam budi bersama rocky gerung

Imam Optimis Tingkatkan APBD Depok Menjadi Rp 5 Triliun

DISKUSI : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat menjadi narasumber dalam

Read More...

Mobile Sliding Menu