jemput pasien makara UI
EVAKUASI: Petugas saat melakukan penjemput pasien positif Covid-19. FOTO : ISTIMEWA

 

 

EVAKUASI : Petugas saat melakukan penjemput pasien positif Covid-19. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tempat Isolasi mandiri Makara UI yang dibuka sejak 20 November 2020 terus bertambah pasiennya. Tercatat hingga Selasa (24/11), sudah ada 60 pasien yang dirawta di longkungan kampus kuning tersebut.

Kasi Rekab Rekon Bidang Penanggulangan Bencana Damkar Kota Depok, Nadelia mengatakan, berdasarkan data terkini, Selasa (24/11) pukul 19:02 WIB total pasien yang ada di Makara UI adalah sebanyak 60 orang.

“Hari ini (kemarin) ada penambahan sebanyak 20 pasien baru yang akan melaukan isolasi di Wisma Makara UI,” tuturnya kepada Radar Depok, Selasa (24/11).

Dia menyebutkan, hari ini (Selasa) merupakan hari terbanyak pasien masuk ke dalam Wisma Makara UI. Sebelumnya, pada 20 November ada sebanyak delapan pasien masuk ke dalam Wisma Makara UI, 21 Novemberr sebanyak tujuh pasien, 22 November sebanyak 17 pasien, 23 November sebanyak delapan pasien.

Menurut dia, penambahan pasien yang signifikan pada tiga hari ini karena beberapa hal. Seperti sosialisasi dari Pemkot Depok kepada masyarakat yang tersampaikan secara masif, sehingga tersebar luas baik, terutama melalui media sosial. Kemudian Pemkot Depok melaui Dinas Kesehatan (Dinkes) dan bidang penanggulangan bencana Damkar, serta dibantu relawan dan PMI Depok bekerja keras untuk men sukseskan program tersebut.

“Selain itu juga, terjalinnya koordinasi yang baik. Antara Pemkot Depok dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai pensupport program ini. Dan kerjasama yang baik antara petugas dan masyarakat,” paparnya.

Perlu diketahui, tenaga kesehatan (Nakes) sejauh ini sudah ada 12 orang.

“12 itu dari empat dokter umum dan delapan perawat,” jelasnya.

Kemudian, tenaga kesehatan lain, seperti ahli gizi ada sebanyak satu orang, kefarmasian ada empat orang, petugas rekam medis ada empat orang. Petugas lain seperti petugas surveilans sebanyak ada sebanyak dua orang, petugas keamanan tujuh orang, dan pengemudi ada dua orang. lalu kesekretariatan seperti manajer operasional ada satu orang, administrasi satu, dan petugas IT satu orang.