Dinkes Depok Jalankan BIAS dengan Protokol Pelayanan

In Metropolis
dinkes depok jalankan bias
SUNTIK : Seorang anak sedang disuntikan imunisasi agar daya tahan tubuhnya kuat pada program BIAS Kota Depok. FOTO : FAHMI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok tetap menjalankan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) meski dalam situasi pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaannya, melalui masing-masing sekolah tetap memperhatikan protokol pelayanan sesuai aturan yang berlaku.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati mengatakan, pada usia sekolah dasar dan sederajat, terjadi penurunan kekebalan tubuh terutama titer antibodi. Karena itu, perlu dilakukan imunisasi lanjutan.

“Pemberian imunisasi ini harus dilakukan, meskipun dalam masa pandemi Covid-19 agar dapat menurunkan kesakitan, kecacatan, dan kematian pada anak,” katanya kepada Radar Depok, Rabu (18/11).

Umi menuturkan, pelaksanaan BIAS dilakukan di bulan November hingga Desember 2020. Selama pandemi, pelaksanaannya dilakukan bersamaan untuk kelas I, kelas II, dan kelas V. Kelas I diberikan imunisasi measles rubela (MR) dan difteri tetanus (DT). Selanjutnya untuk kelas II dan kelas V diberikan imunisasi tetanus difteri (Td).

“Kami berikan sesuai sasaran yang ditetapkan, bagi orang tua yang menolak pemberian imunisasi harus membuat catatan dan alasannya,” tutur Umi.

Kemudian, sambungnya, dalam pelaksanaannya, jika terdapat murid yang sakit maka akan ditunda hingga keadaan sembuh. Selain itu membuat perjanjian kedatangan dengan petugas untuk immunisasi BIAS di puskesmas.

“Lalu untuk pengantar atau pendamping murid hanya 1 orang. Wajib memakai masker, murid dan juga guru. Untuk petugas memakai APD yang sudah di tentukan, dan petugas di pastikan dalam keadaan sehat,” tandasnya. (rd/hmi)

 

Jurnalis : Fahmi Akbar

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

pradi dorong UMKM

Pradi Mampu Dorong Kebangkitan UMKM Depok

DIALOG : Calon Walikota Depok Nomor Urut 1, Pradi Supriatna (kanan) bersama Ketua Umum Depok

Read More...
Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widiyatti

20 Hari Gebyar Layanan Akta di Kota Depok

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widiyatti   RADARDEPOk.COM, DEPOK – Salah satu upaya memenuhi hak warga, Dinas

Read More...
Catherine wilson datang

Outfit Puluhan Juta, Keket di Karantina

PERKARA KEKET : Cathrien Wilson saat tiba di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok pukul 10:30

Read More...

Mobile Sliding Menu