Edukasi Pencegahan Covid-19 Gunakan Video Wayang Kulit

In Metropolis
video wayang kulit UI
WAYANG KULIT : Tampilan video UI Mengajar dari cerita Mahabarata. Di video tersebut, diselipkan informasi ciri-ciri orang yang terkena Covid-19 serta tips PHBS. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dosen Program Studi (Prodi) Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI), Widhyasmaramurti, bersama enam relawan –Galang, Cahyo, Fakih, Raihan, Riefqie, dan Abdul– yang merupakan mahasiswa prodi sastra Jawa FIB UI, menjalankan program UI Mengajar 2020.

Mereka terjun langsung ke Sekolah Dasar Negeri Cikoneng, Cisarua, Bogor, pada Jumat (13/11). Tim UI Mengajar ini mengusung program bertajuk Pencegahan Pandemi Covid-19 Melalui Pengajaran Berbasis Kebudayaan Nusantara, dengan menyasar siswa-siswi SDN kelas I–VI yang berjumlah 120 siswa SDN Cikoneng.

Dalam pelaksanaan pengmasnya, Mara dan tim berupaya memberikan pengetahuan dengan metode audio-visual, sehingga dapat diterima secara mudah oleh anak-anak, menghibur, serta dapat meningkatkan kreativitas mereka.

Di akhir kegiatan, Tim UI Mengajar 2020 juga membagikan masker, sabun, dan disinfektan bagi para murid dan guru, serta sekolah demi mendukung penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah. SDN Cikoneng merupakan satu-satunya pendidikan formal di lokasi tersebut. SDN ini berada di tengah perkebunan teh di Desa Cikoneng, Cisarua, Bogor. Tim UI Mengajar telah melakukan proses survei untuk mengetahui lebih lanjut kebutuhan siswa-siswi di SDN tersebut.

Menurut Widhyasmaramurti siswa-siswa SDN Cikoneng tetap belajar seperti biasa di sekolah karena keterbatasan akses teknologi, tidak memiliki gawai yang memadai, serta dana untuk akses kuota internet.

“Meskipun di tengah keterbatasan dalam mengakses berita daring, mereka tetap mengetahui tentang pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dari berita televisi dan pembicaraan orang tua di rumah. Walau demikian, anak-anak lebih mengenal virus Corona daripada Covid-19 sebagai penyakit,” ungkapnya.

Mereka juga berpendapat jika orang dapat tertular virus Korona (Covid-19), karena mereka kurang iman dan tidak taat pada agama.

Berangkat dari terbatasnya pemahaman siswa akan Covid-19, Mara dan tim berupaya mengenalkan tentang proses penularan dan pencegahan penularan Covid-19 kepada siswa-siswi SDN Cikoneng melalui cerita Nusantara.

1 of 2

You may also read!

XL axiata dengan tokopedia

XL Axiata – Tokopedia Tingkatkan Layanan Kepada Pelanggan

KERJA SAMA : XL Axiata bekerja sama dengan Tokopedia menerapkan platform Multi Channel Campaign Management

Read More...
RTLH sudah 60 persen

RTLH Tirtajaya Sudah 60 Persen

TINJAU : Lurah Tirtajaya, Mohammad Imron, meninjau salah satu penerima manfaat Rumah Tak Layak Huni

Read More...
stand depok terbaik

Stan Depok Raih Predikat Tiga Terbaik

TERBAIK : Stand Kota Depok saat pameran produk unggulan khas daerah, di Cihampelas Kota Bandung.

Read More...

Mobile Sliding Menu