ridwan kami ajak edukasi
PANTAU PASUKAN : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memantau7 pasukan  pada apel gelar pasukan, menjelang kesiapan Pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Mapolda Jabar. FOTO : ISTIMEWA

 

Selain itu, Emil juga berpesan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar untuk menyiapkan skenario terbaik supaya kerumunan dapat dihindari saat pencoblosan berlangsung.

“Saya titip kepada para panitia (KPU) untuk memastikan  Jabar harus juara dalam penyelenggaraan protokol kesehatan 3M saat Pilkada Serentak 2020 berlangsung,” ucapnya.

Terpisah, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengharapkan pilkada sehat di delapan kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak. Demikian dikatakan Uu yang juga Wakil Ketua Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar saat menjadi narasumber webinar Penegakan Protokol Kesehatan pada Pilkada Serentak Tahun 2020 dari Hotel Grage Sangkanhurip, Kabupaten Kuningan, beberapa waktu lalu.

Tahapan pilkada sudah dimulai dan sekarang sedang masa kampanye, sementara pencoblosan akan dilakukan 9 Desember 2020.

Menurut Uu, Pilkada Sehat merujuk pada pelaksanaan pesta demokrasi dengan protokol kesehatan 3M plus tidak berkerumun di semua tahapan mulai dari proses administrasi, kampanye, masa tenang, pencoblosan, hingga penghitungan suara. Pilkada Sehat juga berarti tidak terjadi klaster baru Covid-19 atau lonjakan penularan yang mencolok.

“Sejauh ini sebagian tahapan sudah dilaksanakan dengan baik. Tinggal tahapan selanjutnya termasuk pencoblosan,” pungkasnya. (rd/gun/net)

 

Jurnalis : M. Agung HR

Editor : Pebri Mulya