Fakta Ditutupnya Lagi Akses Umrah Jamaah Indonesia oleh Arab Saudi

In Utama
Ibadah umrah
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Arab Saudi kembali menutup proses visa untuk melakukan ibadah umrah bagi jemaah asal Indonesia. Padahal, umrah baru saja diizinkan kembali untuk jemaah asal Indonesia per 1 November 2020.

“Saat ini Pemerintah Arab Saudi sedang menutup proses visa dalam rangka melakukan evaluasi dan pengaturan terhadap penyelenggaraan ibadah umrah bagi jemaah Indonesia,” kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Oman Fathurahman.

Oman juga menjelaskan, ada sejumlah temuan dalam proses pengawasan penyelenggaraan ibadah umrah pada masa pandemi virus Korona (Covid-19). Salah satunya adalah terdapat prosedur pemeriksaan PCR/Swab yang baru dilakukan pada saat karantina di hotel.

Padahal pemeriksaan ini harusnya dilakukan saat kedatangan jemaah. Alasannya, untuk memastikan jemaah yang akan melaksanakan ibadah umrah atau salat lima waktu di Masjidil Haram bebas Covid-19.

“Ketentuan ini tidak tertuang dalam aturan yang disampaikan Pemerintah Arab Saudi. Ini agar dipahami bersama oleh seluruh jemaah,” ujar Oman.

Kemudian, ada 13 jemaah asal Indonesia yang terkonfirmasi positif dari hasil tes PCR/Swab yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Mereka lalu diisolasi di hotel tempat jemaah menginap sampai dengan 10 hari sejak terkonfirmasi positif.

“Setelah itu, mereka meninggalkan Makkah untuk kembali ke Indonesia,” kata Oman.

Lalu, para jemaah umrah asal Indonesia yang berangkat pada 1 dan 3 November 2020, tidak dapat melanjutkan ziarah ke Madinah. Hal itu terjadi karena terdapat kasus positif dalam rombongan tersebut.

1 of 2

You may also read!

wagub DKI jakarta baru

Jika Melanggar Protokol Kesehatan Lagi, Rizieq Shihab Didenda Rp 100 Juta

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Sanksi denda sebesar dua kali lipat

Read More...
nasi kebuli abudin

Nasi Kebuli Abudin Kaya Akan Rempah

NIKMAT : Nasi Kebuli Abudin, bumbu rempahnya terasa sehingga menggoda selera, cocok di lidah orang

Read More...
brimob depok bagi sembako

Eks Brimob Polrestro Depok Bagi Sembako

POTONG : Kapolrestro Depok, Kombes Azis Andriansyah, memotong tumpeng sebagai bentuk merayakan HUT ke-75 Korps

Read More...

Mobile Sliding Menu