pengmas FF UP
Suasana pelatihan online pengenalan komputasi untuk siswa SMAN 13 Depok oleh Tim Dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila. FOTO : ISTIMEWA
pengmas FF UP
Suasana pelatihan online pengenalan komputasi untuk siswa SMAN 13 Depok oleh Tim Dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM – Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (FFUP) menyelenggarakan Pelatihan Komputasi tingkat awal kepada siswa SMAN 13 Depok, Jawa Barat (15/11). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila.

Dalam kegiatan ini, Tim Pelaksana program merupakan dosen Fakultas Farmasi Universitas Pancasila dengan Ketua Tim Pelaksana Esti Mulatsari, lalu anggotanya ada Esti Mumpuni, Liliek Nurhidayati, Agus Purwanggana, Diah Kartika Pratami, Retno Ayu Pratiwi, dan Jasmadeti, serta dibantu oleh tiga orang mahasiswa FFUP.

Esti Mulatsari mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan platform Zoom meeting. Dalam kegiatan ini, dikenalkan pemanfaatan komputasi di bidang kimia, kesehatan dan farmasi serta memberi pelatihan penggunaan software Chem Sketch kepada para siswa.

“Software Chem Sketch produksi dari acdlabs merupakan software visualisasi molekul dan simbol – symbol kimia, dan dalam pelatihan ini digunakan versi freeware,” ucapnya.

Melalui pelatihan ini diharapkan para siswa bisa meningkatkan skill dalam penggunaan komputer untuk memudahkan pembelajaran kimia khususnya dalam menggambar struktur molekul kimia dalam bentuk 2D maupun 3D, simbol – symbol dalam kimia, menulis persamaan reaksi, mengetahui sifat kimia fisika suatu senyawa, dan menggambar berbagai alat – alat laboratorium.

“Teknologi komputasi sudah sangat berkembang saat ini, terutama dalam dunia farmasi yaitu untuk proses penemuan obat baru. Mengenalkan perangkat – perangkat komputasi di bidang kimia kepada siswa siswi tingkat SMA menjadi hal yang sangat penting,”  terang Esti.

Pelatihan jarak jauh dengan tidak ada tatap muka secara langsung, tidak membuat peserta patah semangat, sebanyak 60 siswa ikut serta acara tersebut.

Kegiatan diawali dengan sambutan Wakil kepala SMAN 13 Depok Bidang Kesiswaan, Retno Santy Ariestuti. Kemudian sambutan dari tim pelaksana program kemitraan masyarakat FFUP yang diwakili Agus Purwanggana. Selanjutnya pemaparan materi terkait pemanfaatan komputer dalam bidang kimia, kesehatan dan Farmasi, dilanjutkan dengan praktik install dan mengoperasian software Chemskecth yang dipandu Esti Mulatsari dan seluruh tim PKM sebagai instruktur. Suasana lebih meriah dengan dibagikannya doorprize bagi siswa yang aktif maupun secara acak. Tak sedikit siswa yang aktif bertanya dan menjawab tantangan dari pemateri. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya