FT Universitas Jayabaya Bahas KI di Webinar

In Pendidikan
webinar universitas jayabaya
PERDALAM ILMU : Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya menyelenggarakan kegiatan webinar tentang Kekayaan Intelektual (KI). FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya menyelenggarakan kegiatan Webinar dengan mengusung tema “Peran Sentra Kekayaan Intelektual (KI) Perguruan Tinggi dalam Membangun Kesadaran Karya Inovatif Dosen”.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (10/11) tersebut diikuti 110 peserta dari akademisi berbagai institusi perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Dalam sambutan di pembukaan Wakil Rektor 1 Universitas Jayabaya Ika Yuliasari mengatakan, tujuan dari kegiatan ini dapat memberikan pengetahun dan diharapkan setelah penyelenggaran kegiatan ini,  peserta seminar akan berupaya melakukan riset dan mengembangkan riset yang berpotensi KI.

“Yang menjadi narasumbernya adalah Ketua Sentra KI Indonesia Budi Agus Riswandi, Kasubdit Kerjasama dalam Negeri Direktorat Kerjasama dan Pemberdayaan KI-DJKI Endar Tri Ariningsih, dan Kepala Sub Dit. Pemeriksaan Paten, Dian Nurfitri,” ucapnya kepada Radar Depok.

Lebih lanjut Ika menjelaskan, ada beberapa materi yang disampaikan ketiga narasumber tersebut. Pertama ada Kasubdit Kerjasama dalam Negeri Direktorat Kerjasama dan Pemberdayaan KI-DJKI Endar Tri Ariningsih yang memaparkan tentang gambaran umum mengenai Hak KI, Bagaimana Pendirian Sentra KI dan Peran Sentra KI.

“Kekayaan intelektual adalah hak yang timbul dari hasil olah pikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk manusia. Pada intinya kekayaan intelektual adalah hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual,” katanya.

Sedangkan di paparan Kepala Sub Dit. Pemeriksaan Paten, Dian Nurfitri disampaikan tentang Dasar Hukum Patent, konsep dasar patent, konsep invensi, perbedaan Invensi dan Temuan. Perbedaan invensi dan bukan invensi.

“Lalu Ketua Sentra KI Indonesia Budi Agus Riswandi menyampaikan Paradigma riset/inovasi Indonesia. Perbedaan Hasil Riset/Inovasi Perguruantinggi dan Industri Indonesia Pengelolaan hasil riset/Inovasi Perguruan Tinggi dan Industri di Jepang dan diakhiri dengan Penjelasaan mengenasi Asosiasi Sentra Kekayaan Intelektual Indonesia (ASKII),” jelasnya.

1 of 2

You may also read!

idris dan imam prioritas

Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan Prioritas Idris-Imam

HADIR : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat menghadiri Podcast

Read More...
pembinaan lansia pondok jaya

Pokja Lansia Tingkat RW di Pondok Jaya Diresmikan

GIAT : Rapat Koordinasi Pokja Lansia tingkat kelurahan di aula kantor kelurahan PondokJaya. FOTO :

Read More...
KPU di gudang kotal suara

KPU Depok Baru Rakit 1.149 Kotak Suara

PANTAU LOGISITK : Komisioner KPU Depok sedang memantau kesiapan logistik Pilkada Depok di gudang KPU,

Read More...

Mobile Sliding Menu