imam budi di sungai ciliwung
ARUNGI SUNGAI: Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat mengarungi Sungai Pesanggrahan bersama Katar di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo. FOTO : ISTIMEWA
imam budi di sungai ciliwung
ARUNGI SUNGAI : Calon Wakil Walikota Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat mengarungi Sungai Pesanggrahan bersama Katar di Kelurahan Meruyung, Kecamatan Limo. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Nomor Urut 2, Mohammad Idris-Imam Budi Hartono memiliki perencanaan untuk menjadikan Kota Depok yang maju serta nyaman dihuni dan menggali potensi wisata, baik situ maupun sungai.

“Jika ditanya, Depok apa menariknya, di situ tantangannya, ibarat Singapura, apa yang menarik dari negara itu, tidak ada tambang emas dan SDA yang dikelola menjadi PAD. Namun, Singapura bisa muncul sebagai sebuah negara yang maju. Depok tidak ada apa-apanya, kata siapa,” tutur Imam Budi Hartono, Jumat (27/11).

Alumni Universitas Indonesia (UI) ini menilai, Depok punya potensi yang bagus dalam pendapatan daerah serta punya potensi lain, tidak hanya menjadi sebuah kota pendidikan. Tapi, ia ingin membuat Depok nyaman.

“Selain itu, potensi situ yang awalnya ada 42, tapi sejak masih bergabung dengan Kabupaten Bogor tinggal 23 situ. Banyak ‘disulap’ menjadi perumahan. Makanya, kalau perumahan itu banjir ya wajar, karena air kembali ke ‘rumahnya’,” katanya.

Ia berharap dari 23 situ yang masih tersisa, dapat dipertahankan dan dijadikan destinasi wisata air, termasuk di dalamnya sungai di Kota Depok, seperti Ciliwung dan Pesanggrahan yang bisa dimanfaatkan.

“Meski bukan kewenangan Pemkot Depok. Namun, jika dikelola maksimal bekerjasama dengan pusat, pasti akan bagus sekali. Kemarin saya mengarungi Sungai Pesanggrahan bersama anak-anak Karang Taruna, itu keren banget,” kata Imam.

Imam melanjutkan, memang ada beberapa titik sampah. Tapi, itu bisa diselesaikan bersama pemerintah pusat.

“Setelah itu, akan dibangun kesadaran masyarakat menjaga kebersihan dan kelestarian di sana. Kemudian Ciwilung, itu juga keren, jika dibangun jalan setapak di tepiannya untuk jogging track atau area bersepeda. Akan indah banget. Depok sebagai kota hunian tentu akan keren banget,” paparnya.