fitur aplikasi whatsapp

fitur aplikasi whatsapp

 

RADARDEPOK.COM – Aplikasi WhatsApp yang sudah tidak asing lagi berada di handphone, ternyata ada banyak fitur yang tersedia dan belum dipahami sepenuhnya oleh penggunanya. Salah satunya adalah fitur disappearing messages.

Melalui fitur ini, pengguna memiliki kendali atas seluruh pesan dalam percakapan pada aplikasi ini.

Fitur tersebut tersedia bagi pengguna WhatsApp di Android, iOS, KaiOS, dan desktop, sehingga dapat menjadi solusi kemungkinan penyadapan atau terbacanya pesan oleh hacker.

Disappearing messages

Disappearing messages atau hapus pesan otomatis merupakan fitur WhatsApp yang memungkinkan pesan terhapus otomatis setelah tujuh hari.

Pengaturan ini tidak akan berdampak pada pesan-pesan yang telah dikirim atau diterima dalam percakapan. Namun demikian, untuk membuat fitur tersebut bekerja secara optimal, pengirim dan penerima pesan harus sama-sama mengaktifkannya.

Mengutip laman WhatsApp, dalam percakapan antar individu, masing-masing pengguna dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini. Sementara itu, dalam percakapan grup, hanya admin yang dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur tersebut.

Berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui soal fitur ini:

  • Jika seorang tidak membuka WhatsApp dalam waktu tujuh hari, pesan akan hilang. Namun, preview pesan mungkin masih ditampilkan pada notifikasi hingga WhatsApp dibuka.
  • Jika Anda membalas disappearing message, kutipan teks mungkin tetap ada dalam obrolan setelah tujuh hari.
  • Jika disappearing message diteruskan ke percakapan yang menonaktifkan fitur ini, pesan tidak akan muncul di percakapan tersebut.
  • Jika pengguna membuat cadangan sebelum sebuah pesan menghilang, disappearing message akan masuk dalam cadangan tersebut. Disappearing message akan dihapus ketika pengguna memulihkan cadangan.