Jabar Ajukan Pemekaran Kota/Kabupaten, Berikut Daftarnya

In Utama

ilustrasi kota kabupaten jawa barat

 

RADARDEPOK.COM, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar), Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, dengan jumlah penduduk hampir 50 juta jiwa dan luas wilayah 35.377,76 km², pengajuan pemekaran wilayah bukan hal baru di Jabar. Keinginan masyarakat akan hadirnya Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) pun harus terus dijembatani ke pemerintah pusat.

Berdasarkan ajuan dari Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah (Forkodetada) Jabar, ada sembilan wilayah CDOB yaitu Kota Lembang, Kabupaten Cikampek, Kabupaten Bandung Timur, Kabupaten Garut Utara, Kabupaten Indramayu Barat, Kabupaten Subang Utara, Kabupaten Bekasi Utara, Kabupaten Cianjur Selatan, dan Kabupaten Cirebon Timur.

Saat ini, Jabar memiliki 27 kabupaten/kota meliputi 18 kabupaten, 9 kota, 627 kecamatan, 645 kelurahan, dan 5.312 desa.

“Mudah-mudahan para pemegang kebijakan mendengar keinginan masyarakat Jabar. Ini bukan hanya keinginan satu-dua orang, tetapi ini keinginan bersama masyarakat,” ujarnya.

Pemekaran wilayah menjadi penting untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, mempercepat pembangunan daerah, serta menunjang pemerataan anggaran ke daerah. Ia pun berharap pemerintah pusat bisa menerima aspirasi masyarakat Jabar yang telah lama diajukan.

“Oleh karena itu, saya meminta kepada para pemegang kebijakan di pusat, tolong perhatikan aspirasi masyarakat Jabar. Karena ini kepentingan bersama dan permintaan (pemekaran) bukan hanya sekarang, tapi sudah 20 tahun ke belakang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Forkodetada Jabar, Rd. H Holil Aksan Umarzen, menyatakan, dari sembilan CDOB yang diajukan, lima di antaranya sudah menyelesaikan dokumen kepentingan pemekaran, yakni Kota Lembang serta Kabupaten Cikampek, Bandung Timur, Garut Utara, dan Indramayu Barat.

“Kalau dari yang tergabung di Forum Koordinasi Desain Penataan Daerah Jawa Barat, kita yang terus aktif untuk memperjuangkan CDOB yang serius itu ada sembilan, yang sudah kira-kira mendekati kesiapannya ada lima,” tutur Holil. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ilustrasi tenaga kerja depok

Dari 2,4 Juta Penduduk Depok, 6,11 Persennya Adalah Pengangguran

  RADARDEPOK.COM, DEPOK - Menekan angka pengangguran yang kini mencapai 72.000 orang dan 65 persen diantaranya adalah lulusan Sekolah Menengah

Read More...
wisma makara UI

Pendaftar RS Isolasi Makara Capai 1.300

Wisma Makara UI.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Sejak dibukanya lowongan tenaga kesehatan (Nakes), guna mengisi  Rumah Sakit

Read More...
temuan bima arya di depok

Walikota Bogor Temukan Pembuang Limbah 

SUSUR SUNGAI : Walikota Bogor Bima Arya saat berbincang dengan Kepala Dinas Pemadam dan Penyelamatan

Read More...

Mobile Sliding Menu