Jawara Depok Gelar Webinar Pelatihan Bisnis

In Ekbis dan Hiburan
jawara depok webinar
RAMAI : Webinar yang diadakan oleh Jawara Depok diisi oleh 101 peserta, banyak sekali yang antusias bertanya pada tema ‘Bisnis Melesat dengan Pendamping atau Mentor yang Tepat’. FOTO : ADENA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bisnis merupakan hal yang sangat penting di era pandemi ini, dengan berbisnis bisa dikatakan telah berpartisipasi dalam usaha memajukan ekonomi di Indonesia yang sedang turun drastis. Khususnya di kota Depok, tentu saja dengan mengetahui juga cara-cara yang baik dan benar juga hal-hal penting yang menjadi patokan dalam berbisnis. Guna memaksimalkan usaha yang di lakoni saat ini, Jawara Depok mengadakan webinar pelatihan bisnis untuk umum.

Pelatihan bisnis tersebut bertema ‘Bisnis Melesat dengan Pendamping/Mentor yang Tepat’, dihadiri oleh 101 peserta yang kebanyakan adalah pelaku UMKM. Bersama mentor Ridwan Mahmudi sebagai Founder ruangilmu.id dan STRATEGY Coaching Academy. Pembahasan yang ada di webinar saat itu mengenai coaching, yaitu semacam pembimbing atau mentor untuk mendampingi businessman agar diajari berbisnis yang baik dan benar.

“Istilah coaching sendiri kalo dilihat dari sejarahnya itu awalnya adalah kereta kuda di Perancis, yang mengantarkan seseorang dari titik A sampai titik B. Coach itu adalah transportasi sebenarnya, tukang antar. Nah kalau dalam bisnis, coach itu adalah orang mengantar anda dari titik A ke titik B dalam hal bisnis,” jelasnya dalam presentasi.

Ridwan menjelaskan, coach dalam bisnis itu tergantung mau di aspek yang mana. Entah itu aspek finansial, produk, mindset, marketing, distribusi, customers, humans, atau sales, semua kembali lagi pada pebisnis ingin memilih jalur yang mana. Jadi seorang coach atau mentor akan melakukan coaching untuk mencapai apa yang ingin dicapai oleh pebisnis tadi.

Pandemi bukanlah alasan untuk tidak bisa berbisnis. Misalnya jika seseorang ingin menjual produk namun mal tutup dan bazaar juga tidak ada yang mengadakan, maka pebisnis diharuskan mencari opsi lain agar tetap jalan bisnisnya. Ridwan memberikan contoh pebisnis terkaya di dunia yaitu Bill Gates, dengan mengutip kata ‘Setiap orang butuh mentor atau pembimbing, kita semua butuh orang yang bisa memberikan kita feedback atau timbal balik, dengan itulah cara kita berkembang’.

“Orang seperti Bill Gates saja, orang terkaya di dunia itu, masih butuh coachagar ia berkembang. Saya istilahkan coach itu ibarat cermin, kita butuh cermin, dengan cermin itu kita bisa tahu sekiranya letak-letak kerutan di wajah kita,” lanjutnya.

Ridwan melanjutkan, dalam hal coaching ini bahkan pebisnis rela membayar seorang coach untuk memberikan feedback. Coaching dalam hal perbisnisan itu penting karena bisa meningkatkan produktivitas, juga membuat orang menjadi lebih positif karena diajarkan dan diajak bersama untuk melihat apa yang pebisnis masih bisa lakukan. Dibandingkan dengan pebisnis yang tidak memiliki coach, mereka akan berpikir di era pandemi ini apa saja menjadi mustahil dilakukan, dan masih banyak lagi yang dibahas mengenai coaching.

1 of 2

You may also read!

LPM cilangkap bahas 2021

LPM Cilangkap Bahas Resolusi 2021

RAPAT : Anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, adakan rapat koordinasi. FOTO

Read More...
apresiasi disdik SMPN 14

Irsyad Tutup 2020 dengan Prestasi untuk SMPN 14

HEBAT : Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin (dua kiri) memberikan apresiasi kepada Muhammad

Read More...
Mohammad idris sama tenaga kesehatan

Walikota Depok Vidcon dengan Nakes, Berikut Isi Pembicaraannya

BERI SEMANGAT : Walikota Depok, Mohammad Idris menyapa tenaga kesehatan secara virtual, Selasa (29/12). FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu