Jika Lakukan Ini, PNS Bisa Langsung Dipecat

In Utama

ilustrasi PNS ASN hitam

 

RADARDEPOK.COM – Ada beberapa peraturan yang ditetapkan Pemerintah tentang tata tertib kerja pegawai negeri sipil (PNS) yang tertuang dalam Undang-Undang No 5 Tahun 2014.

Dalam peraturan tersebut, Pemerintah memiliki kekuasaan untuk memecat PNS. Tidak hanya karena kasus PNS nakal, namun juga, ada hal lainnya.

Di awal tahun, Ketua Badan Pertimbangan Kepegawaian (Bapek) yang juga Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo memberikan sanksi terhadap 83 Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah (pemda) yang dianggap melanggar peraturan disiplin PNS.

Bahkan, 73 PNS dijatuhi hukuman Pemberhentian dengan Hormat Tidak Atas Permintaan Sendiri (PDHTAPS).

Lalu apa saja kondisi yang bisa menyebabkan PNS langsung mendapat pemecatan? Berikut ragam penyebab PNS bisa langsung dipecat.

1. Ikut Program Kartu Prakerja

Kasi Evaluasi dan Pelaporan Bantuan Hukum Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung, Sunandar Pramono mengatakan, PNS yang memalsukan data untuk mendaftar Kartu Prakerja dapat melanggar aturan kode etik PNS. Sanksinya bisa dilakukan pemecatan.

“Kalau konteksnya secara itu jelas pidana administratif dan melanggar kode etik PNS. Mereka kan ada kewajiban membawa wibawa negara. Jika tidak menjaga perlakuannya akan dikenakan hukuman kode etik,” ujar Sunandar.

1 of 3

You may also read!

Rw 2 pondok jaya bantuan

RW 2, Pondok Jaya Kecipratan 201 Banprov Tahap Ketiga

BAGIKAN : Ketua RW2 sekaligus Ketua Forum RT/RW Pondok Jaya memberikan paket bantuan provinsi ke

Read More...
lambaian tangan nadiem makarim

1 Juta Guru Honorer Akan Diangkat jadi PPPK

Mendikbud, Nadiem Makarim.   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, jumlah guru honorer yang akan diangkat

Read More...
Bantuan untuk cilodong

Kecamatan Cilodong, Cipayung, dan Sawangan ‘Disiram’ Bansos

BANTUAN : Penyerahan sejumlah paket bantuan dari TP-PKK Kota Depok kepada TP-PKK Kecamatan Cilodong. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu