Jumlah Hoaks Meningkat, Platform Ini Jadi yang Terbanyak

In Utama

ilustrasi hoaks

 

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Dalam tiga tahun terakhir, jumlah hoaks yang tersebar di berbagai platform di Indonesia selalu meningkat. Berdasarkan data terbaru yang dihimpun Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) bekerjasama dengan cekfakta.com, jumlah hoaks yang tersebar di Indonesia mencapai 2.024.

Jumlah itu terhitung sejak tanggal 1 Januari – 16 November 2020. Angka tersebut naik dari tahun lalu yang mencapai 1.221 hoaks, bahkan berbeda jauh dengan tahun 2018 dengan jumlah 997 hoaks.

Ketua Presidium Mafindo Septiaji Eko Nugroho mengatakan, pada masa pandemi, jumlah hoaks terutama terkait kesehatan meningkat.

Paling tidak, lanjut Septiaji, lebih dari sepertiga hoaks yang beredar di Indonesia sepanjang 2020 berkaitan dengan pandemi virus Korona (Covid-19). Hoaks yang beredar di Indonesia pun beragam, mulai dari terkait pandemi Covid-19, isu pilkada serentak 2020, omnibus law UU, dan isu-isu lain.

Menurut Septiaji, hoaks yang tersebar di Indonesia lebih banyak ditemukan di platform Facebook.

“Kalau di Indonesia, paling banyak ada di platform Facebook, diikuti platform lain seperti Twitter dan WhatsApp,” jelas Septiaji.

Namun, Septiaji tidak merinci berapa banyak hoaks yang beredar di masing-masing platform. Dia mengatakan, hoaks yang berasal dari platform yang bersifat publik, seperti Facebook atau Twitter, lebih mudah ditelusuri.

Berbeda dengan hoaks yang beredar di aplikasi perpesanan yang bersifat pribadi, yang lebih sulit dilacak. Data yang dihimpun pun berasal dari laporan pengguna WhatsApp yang melaporkan temuan hoaks kepada Mafindo.

“Kalau dalam catatan kami, berdasarkan laporan, ada sekitar 13-15 persen hoaks yang beredar di masyarakat berasal dari WhatsApp,” jelas Septiaji. “Tapi, aslinya bisa lebih dari itu karena kita sendiri enggak bisa mengecek, hanya yang dilaporkan pengguna yang bisa kami lacak,” Septiaji menambahkan.

1 of 2

You may also read!

tanaman hias 1

5 Tanaman Hias Paling Dicari di Indonesia

Tanaman hias, sekarang ini sedang hits lagi. Berbagai tanaman harganya bisa mencapai jutaan bahkan sampai ratusan juta. Sebelum membeli dan

Read More...

Membangun Kesadaran Beragama

  Oleh: K.H. A. Mahfudz Anwar Ketua MUI Kota Depok   AGAMA Islam merupakan tuntunan hidup yang menyelamatkan. Karena agama mengatur pola hidup

Read More...
tiang listrik sejarah depok

5 Calon Cagar Budaya Depok Segera Rampung

Tiang listrik yang ada di kawasan Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Pancoranmas menjadi salah satu calon

Read More...

Mobile Sliding Menu