Kerajinan Layangan Alvin Ramadhan : Awalnya Hobi, Kini Ditekuni Sejak Awal Pandemi (1)

In Metropolis
layangan alvin 1
SERUT BAMBU : Alvin Ramadhan sedang menyerut batang bambu untuk dijadikan kerangka layangan. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, yang tak kalah mengerikan virus dari Wuhan Tiongkok ini, juga menggerogoti sendi perekonomian masyarakat. Di tengah kesulitan ekonomi ini, masyarakat dituntut kreatif dan bisa memanfaatkan peluang. Seperti dilakukan seorang pemuda asal Cilodong ini.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM – Siang itu Kamis (05/11), Alvin Ramadhan (27) pemuda asal Kampung Bendungan RT003/001 Kelurahan Cilodong, Kecamatan Cilodong, fokus menyerut sebatang bambu dipangku di atas paha kanannya.

Dengan telaten pria yang akrab disapa Ucil ini, menyerut sebatang bambu yang baru dipotong menjadi tipis setipis lidi untuk dijadikan kerangka layangan.

Ucil merupakan seorang pengrajin layangan, itu terlihat dari puluhan layangan besar yang tergantung di atap teras rumahnya bahkan hingga di dalam rumahnya.

Layangan buatan Ucil ini, sangat menarik, karena ukurannya besar dan juga gambar yang tertera di kertas layangannya unik dan menarik. Ucil menghentikan kegiatan tersebut sementara sambil membakar sebatang rokok Magnum Blue. Dia mengambil waktu istirahat agar bisa berbincang–bincang sejenak.

Sambil duduk di sebuah kursi yang dibuat dari bahan toples cat bekas yang dilapisi dengan busa bekas sofa, dia mengatakan jika kegiatan menekuni kerajinan layangan ini mulai aktif dilakukannya sejak pertengahan Maret lalu, tepatnya saat penerapan pertama Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) di Depok.

“Sebelumnya sih udah pernah bikin dulu, Cuma buat hobi aja bukan buat dijual seperti saat ini,” kata Ucil.

Sebelum menekuni kerajinan layangan, dia merupakan seorang montir amatir. Dia membuka jasa service motor, khususnya motor balap liar.

1 of 2

You may also read!

perbaikan jembatan GDC lagi dikerjakan

Tiga Pejabat ULP Dicomot Kejaksaan

PENINGKATAN JALAN : Pekerja Proyek Jalan dan Jembatan GDC sedang meningkatkan pengecoran jalan jembatan GDC,

Read More...
XL Axiata tumbuh

Di Tengah Pandemi Covid-19, Kinerja XL Axiata Tumbuh

TUMBUH : PT Axiata Tbk (XL Axiata) berhasil melalui periode sembilan bulan pertama tahun 2020

Read More...
MRC kolabborasi

MRC Kolaborasi dengan Padepokan Maghenta

UNJUK BAKAT : Pemimpin Padepokan Maghenta, Kang Uyung sedang memainkan sebuah lagu dengan gitar bassnya.

Read More...

Mobile Sliding Menu