Kerap Kumpulkan Massa, Muncul Petisi Habib Rizieq Harus Dikarantina

In Utama
habib rizieq maulid nabi
Kegiatan Maulid Nabi yang diadakan di Markas FPI di kawasan Petamburan, Jakarta. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM – Kepulangan Habib Rizieq Shihab dari Arab Saudi pada Selasa, 10 November 2020, kerap menyebabkan terjadinya perkumpulan massa, dari kegiatan menikahkan putrinya hingga acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hal-hal itu kerap dianggap telah mengabaikan protokol kesehatan di masa pandemi virus Korona (Covid-19). Kini, muncul sebuah petisi agar pemerintah mengkarantina Habib Rizieq sesuai dengan protokol Covid-19.

Petisi ini diinisiasi oleh Indonesia Institute in Scotland. Per pukul 11.00 WIB, petisi ini telah ditandatangani oleh 248 responden. Petisi itu ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, Satgas Covid-19, Menteri Kesehatan RI, Gubernur DKI Jakarta, dan Walikota Bogor.

“Mengikuti perkembangan perilaku Rizieq Shihab sejak kembali dari luar negeri tanpa mentaati karantina dimana setiap orang lain diharuskan mentaati protokol Covid 19 yang ada, maka sudah saatnya pemerintah, aparat hukum bertugas sesuai aturan dan hukum Republik Indonesia yang ada,” demikian bunyi petisi itu.

Pembuat petisi menyoroti kegiatan pengumpulan massa oleh Habib Rizieq Syihab, dari kedatangannya di Bandara Soekarno-Hatta hingga kegiatan keagamaan di Petamburan dan di Markaz Syariah Megamendung, Kabupaten Bogor.

“Penyelenggaraan acara besar seperti di Kabupaten Bogor, penjemputan di Bandara dan berkumpul di Petamburan menunjukkan Riziek Shibab dan pengikutnya tidak peduli kesehatan dirinya apalagi orang lain,” lanjutnya.

“Sikap egoistik dan kekanak-kanakan ini tidak boleh dan tidak bisa ditolerir dengan tindakan pembiaran oleh negara.Tidak ada screening suhu tubuh sebelum acara, tidak ada social distancing saat acara berlangsung,tidak ada cuci tangan, hand sanitizer, sembarangan bermasker -sekenanya bahkan pengikutnya banyak tanpa memakai masker, berkumpul di jalanan, serta tidak ada juga trace dan track setelah bubar,” sambungnya.

Kegiatan pengumpulan massa oleh Habib Rizieq dinilai dapat menambah angka kasus Covid-19 di Indonesia, sehingga negara dinilai perlu menindak Habib Rizieq sesuai dengan protokol Covid-19.

1 of 2

You may also read!

gim ps 5 yang terbaru

Kisah Orang Pertama yang Miliki PS 5, Dikirim Langsung oleh Sony

  RADARDEPOK.COM - Konsol PlayStation 5 (PS 5) sempat menghebohkan dunia gim di dunia, bahkan sebelum peluncurannya. Lantas, orang pertama

Read More...
pengmas FF UP

FF UP Gandeng SMAN 13 Depok Gelar PKM

Suasana pelatihan online pengenalan komputasi untuk siswa SMAN 13 Depok oleh Tim Dosen Fakultas Farmasi

Read More...
fitur aplikasi whatsapp

Ini Fitur di WhatsApp, Agar Tidak Bisa Disadap

  RADARDEPOK.COM - Aplikasi WhatsApp yang sudah tidak asing lagi berada di handphone, ternyata ada banyak fitur yang tersedia dan

Read More...

Mobile Sliding Menu