Beranda Metropolis Kolecer Tutup Sementara Saat Pandemi

Kolecer Tutup Sementara Saat Pandemi

0
Kolecer Tutup Sementara Saat Pandemi
RAMAI: Kolecer Taman Lembah Gurame ramai pembaca pada saat sebelum Pandemi Covid-19. FOTO : ISTIMEWA
kolecer ditutup sementara
RAMAI : Kolecer Taman Lembah Gurame ramai pembaca pada saat sebelum Pandemi Covid-19. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) program perpustakaan berjalan, terpaksa harus dihentikan sejenak. Musababnya, program dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) ini menimbulkan kerumunan dan dikhawatirkan menjadi klaster Covid-19.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Catur Sri Astuti mengatakan, program Kolecer harus berhenti, karena adanya Pandemi Covid-19 demi mengurangi penyebaran virus Covid-19.

“Mulai dari akhir Maret pas Pandemi Covid-19 kami sudah tutup Kolecer,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Kamis (12/11).

Selain alasan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. Kolecer harus ditutup karena taman-taman yang ditempatkan Kolecer, juga sementara waktu ditutup.

“Banyak taman yang ditutup, jadi kami juga tidak bisa membuka Kolecer,” jelasnya.

Dia belum dapat menyebutkan kapan akan dibukanya Kolecer lagi. Karena masih menunggu situasi aman. Menurut dia, biasanya yang banyak datang adalah anak-anak. Dimana anak-anak sangat rentan.

Tenaga Perpustakaan yang biasa menjaga Kolecer, Muhammad Alfian Pratama mengatakan, ketiga Kolecer yang di punya Kota Depok berada di Taman Lembah Gurame, Lapangan Jawa, dan Taman Baktijaya. Semuanya memang belum dapat beroperasional di masa Pandemi Covid-19 seperti ini.

“Karena Depok juga masih ada beberapa wilayah yang zona merah, jadi kami masih belum bisa membuka,” ujarnya.

Terakhir dia mengatakan, buku-buku yang ada di Kolecer ada beberapa yang tetap dibiarkan disana. Namun ada beberapa buku yang dibawa ke Diskarpus untuk dilakukan pendataan ulang. (rd/cr3)

 

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Pebri Mulya