Komunitas Lingkungan Trash Hero Depok : Edukasi Sejak Usia Dini Jangan Buang Sampah Sembarangan (1)

In Metropolis
lingkungan trash 1
LESTARIKAN : Anggota Trash Hero Depok setelah usai kegiatan bebersih sungai ciliwung di titik Jembatan Panus. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

Menjamur di berbagai daerah maupun kota. Komunitas Trash Hero juga bertengger di Kota Depok, guna mengedukasi dan bertindak nyata dalam menjaga lingkungan. Terutama bagi anak usia dini. Hal ini dilakukan demi terjaganya lingkungan di masa mendatang.

Laporan : Arnet Kelmanutu

RADARDEPOK.COM – Trash Hero Kota Depok sudah berlaga beberapa tahun belakgan ini. Tepatnya sekitar pertengahan 2016. Warna kuning mencolok menjadi ciri khas mereka, dalam berkegiatan di pelosok lingkungan, baik sungai, taman, dan ruang publik lainnya.

Mereka bergerak aktif dan nyata untuk membuat masyarakat lebih menghargai lingkungan. Salah satunya merubah kebiasaan kecil masyarakat tidak membuang sampah sembarangan.

Koordinator Trash Hero, William Wattimena memiliki cara ampuh dalam mengubah kebiasaan kurang baik masyarakat yang kerap buang sampah sembarangan. “Kita lebih senang berbincang, mengedukasi anak-anak dari pada orang dewasa. Lebih seru dan lebih aktif,” paparnya saat berbincang dengan Radar Depok.

Berbincang dengan anak-anak banyak menghasilkan kemurnian inspirasi dari hati yang tulus. Hal ini menjadikan cara Trash Hero, memberikan peran yang lebih kepada anak untuk mengingat masyarakat yang lebih dewasa dari dirinya semua.

Salah satu contohnya, jika orang tua ditegur anaknya untuk jangan membuang sampah sembarangan. Pasti hatinya tersentuh dan menunjukan contoh yang baik kepada anaknya.

“Anak-anak kalau diberi ruang untuk perubahan pasti sangat efektif. Pasti berhasil, karena orang dewasa akan merasa malu,” kata William.

Gerakan nyata menjaga Sungai Ciliwung harus dilakukan, hal ini mengingat sungai ciliwung berperan penting bagi Kota Depok sehingga harus dijaga keberlangsungannnya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

CTPS dinkes webinar

Dinkes Kampanye Pentingnya CTPS Cegah Korona

KAMPANYE : Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita saat melakukan webinar peringatan hari CTPS sedunia. FOTO

Read More...
demo di depan BPN depok

Warga Limo Demo BPN Depok

PROTES : Warga Kecamatan Limo saat memprotes ketidakadilan yang dilakukan BPN Depok dalam menentukan harga

Read More...
kabid pendidikan SMP mulyadi

Kinerja 26 Kepala SMPN di Depok Dinilai

Kabid Pembinaan SMP Disdik Depok, Mulyadi.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Selama sepekan atau 4 sampai 11 November

Read More...

Mobile Sliding Menu