Mahasiswa FTUI Desain Kapal Kesehatan

In Pendidikan
UI desain kapal
INOVASI: Kapal Ambulans dan Kapal Rumah Sakit Rancangan Mahasiswa FTUI Juara Lomba Desain Inovasi Kapal Kesehatan. FOTO : UI FOR RADAR DEPOK

 

 RADARDEPOK.COM, DEPOK – Enam mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) yang tergabung dalam dua tim di bawah bimbingan dosen FTUI, Achmad Riadi, merancang Kapal Ambulans Autonomous dan Kapal Rumah Sakit sebagai kapal medis transportasi jalur laut untuk penanganan pasien Covid-19 di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

Rancangan kapal medis tersebut berhasil meraih Juara 1 dan 2 pada ajang Lomba Desain Inovasi Kapal Kesehatan sebagai rangkaian dari Kompetisi Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2020, yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Republik Indonesia di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), pada 5-7 November 2020.

Penghargaan Juara Pertama diraih oleh Tim Flying Dutchman yang terdiri dari Fadhil Nurrohman, Zahra Syahrika, dan Satria Bagas, mahasiswa Program Studi Teknik Perkapalan 2017, dengan rancangan Kapal Ambulans Autonomous bernama WARAS-19 (Water Ambulance Renewable Energy with Autonomous System).

Perlu diketahui, kapal ini merupakan transportasi jalur laut untuk penanganan dan pemindahan pasien Covid-19 dari pulau yang fasilitas kesehatannya yang kurang memadai, ke pulau yang memiliki fasilitas kesehatan memadai.

“Desain kapal ambulans ini memanfaatkan beberapa inovasi untuk memaksimalkan kinerja, seperti sistem propulsi yang menggunakan motor elektrik dan berbahan bakar hidrogen, autonomous partial, solar panel sebagai sumber tenaga beberapa instalasi pada kapal,” ungkap Fadhil menjelaskan tentang rancangan kapal WARAS-19.

Selain itu lanjutnya, ramp untuk proses beaching jika kapal diharuskan merapat pada area yang tidak dilengkapi dermaga. Untuk keamanan, kapal dibagi menjadi dua bagian yaitu green zone (daerah steril) untuk tenaga medis dan red zone (daerah pasien).

Berikutnya, Tim Navire Medical yang terdiri dari Arief Kurniawan, Aisyah Aulia, dan Iko Septiyahardi, mahasiswa Program Studi Teknik Perkapalan FTUI 2018, meraih Juara Kedua dengan desain Kapal Rumah Sakit yang diberi nama MAKARA-19. Kapal ini didesain untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit terapung dalam penanganan Covid-19 pada daerah 3T, serta untuk menangani bencana maupun penyaluran bantuan kemanusiaan lainnya.

1 of 2

You may also read!

daging burger bener

Burger Bener 100 Persen Daging Australia

UNGGULAN : Cuma Rp13 ribu bisa mendapatkan Burger Bener yang 100 persen daging asal Australia.

Read More...
ilustrasi SIM Keliling depok

Lokasi SIM Keliling Depok pada Kamis, 12 November 2020

  RADARDEPOK.COM - Polres Metro Depok kembali menyelenggarakan pelaksanaan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Keliling untuk wilayah Depok. Bagi masyarakat yang

Read More...
ilustrasi vaksin virus korona

Dikabarkan Lima ASN Depok Positif Covid-19

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Virus Korona (Covid-19) merambah ke lingkungan pejabat ASN di Kota Depok. Kamis

Read More...

Mobile Sliding Menu