Sabtu, Maret 6, 2021
Beranda Metropolis Menelisik Makam Ambu Mayangsari : Pejuang Perempuan, Keturunan Prabu Siliwangi (1)

Menelisik Makam Ambu Mayangsari : Pejuang Perempuan, Keturunan Prabu Siliwangi (1)

0
Menelisik Makam Ambu Mayangsari : Pejuang Perempuan, Keturunan Prabu Siliwangi (1)
SEJARAH: Makam Ambu Mayangsari Siliwangi, di RT3/16 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
makam ambu mayangsari
SEJARAH : Makam Ambu Mayangsari Siliwangi, di RT3/16 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

Senin pagi, saat cuaca begitu sendu diiringi rintik hujan yang membasahi bumi, membuat perjalanan menuju makam Ambu Mayangsari begitu berarti.

Laporan : Lutviatul Fauziah

RADARDEPOK.COM – Siapa yang tak kenal, Ambu Mayangsari merupakan istri dari Pangeran Purbaya yang merupakan putra Sultan Ageng Tirtayasa. Ambu Mayangsari juga masih masuk keturunan Prabu Siliwangi. Ternyata makam Ambu Mayangsari terletak di RT3/16 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos.

Penelusuran awal ke lokasi tersebut, disambut ramah oleh para penjaga makam yang sedang bersantai di bawah pohon rindang sekitar makam.

Tampak sedang asik bercengkrama, ada juga yang menikmati secangkir kopi hangat di tengah cuaca mendung. Begitu pas memang bersama cuaca yang dirasa.

Salah satu penjaga makam, Haji Icang mengajak berkeliling lokasi makam Mayangsari sembari menjelaskan secara singkat tentang makam tersebut. Dirinya menceritakan, bahwa Ambu Mayangsari ini ikut serta dalam peperangan antara Banten dan VOC.

“Dalam cerita, Ambu Mayangsari itu yang mengurusi keperluan dan keuangan selama terjadinya perang zaman Belanda,” ucap pria asli Cimpaeun kepada Radar Depok, Senin (2/11).

Ambu Mayangsari juga disebut sebagai pejuang perempuan yang begitu tangguh, karena dinilai memiliki peranan yang sangat penting dalam peperangan. Maka tak heran, namanya masih begitu terkenal di kalangan masyarakat hingga saat ini.

Makamnya yang berada di lingkungan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Cimpaeun, begitu asri ditambah lagi banyak dikelilingi pepohonan sehingga membuat suasana semakin sejuk.

Dipercayai, dirinya juga beberapa kali napak tilas di Depok, khususnya di wilayah Cimpaeun. (*)

 

Editor : Pebri Mulya