Jumat, Februari 26, 2021
Beranda Metropolis Menelisik Makam Ambu Mayangsari : Sering di Kunjungi Peziarah Dari Berbagai Kota (2)

Menelisik Makam Ambu Mayangsari : Sering di Kunjungi Peziarah Dari Berbagai Kota (2)

0
Menelisik Makam Ambu Mayangsari : Sering di Kunjungi Peziarah Dari Berbagai Kota (2)
KHUSYU: Seorang peziarah tengah khusyu memanjatkan doa di depan makam Ambu Mayangsari, yang terletak di RT3/16 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
makam ambu mayangsari 2
KHUSYU : Seorang peziarah tengah khusyu memanjatkan doa di depan makam Ambu Mayangsari, yang terletak di RT3/16 Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

Menjadi pejuang perempuan dalam peperangan, membuat Ambu Mayangsari hingga saat ini masih begitu dihormati, dan selalu menjadi panutan bagi masyarakat khususnya kaum perempuan.

Laporan : Lutviatul Fauziah

RADARDEPOK.COM – Memang, Ambu Mayangsari ini beberapa kali singgah ke Kota Depok khususnya di wilayah Kelurahan Cimpaeun, Kecamatan Tapos, sehingga tak heran makam yang sebelumnya terletak di wilayah Golf Jagorawi, pada 1970-an, makam tersebut dipindahkan di kawasan TPU Kelurahan Cimapeun.

Hingga hari ini, pusara Ambu Mayangsari tak pernah sepi masyarakat yang berziarah untuk sekedar memanjatkan doa dan bermunajat.

Benar saja, baru beberapa saat dilokasi masyarakat satu persatu mulai berdatangan. Saling bergantian, mereka menyelipkan doa sembari menaburi bunga, di makam yang ditutupi tirai hijau tersebut.

Walaupun cuaca tak begitu bersahabat, tetapi masyarakat tetap berbondong-bondong datang untuk berziarah. Terlebih jika akhir pekan ataupun malam Jumat, bukan hanya masyarakat dari Depok saja tetapi banyak rombongan peziarah dari berbagai kota.

“Apalagi saat Maulid Nabi kemarin, sampai pasang tenda di sebelah, karena begitu banyak masyarakat yang ingin berziarah, atau di hari besar Islam lainnya selalu ramai,” ucap haji Icang.

Makam Ambu Mayangsari juga dipercaya dapat membawa keberkahan bagi siapa saja yang dengan khusyu memanjatkan doa di pusaranya.

Maka tak heran, banyak digunakan untuk meminta jodoh, rezeki, kesehatan hingga keberkahan dalam menjalani hidup. Namun, kembali lagi, itu tergantung kepercayaan masing-masing.