Menilik Perjalanan Veteran Angkatan Laut, Kabul Umar : Berjuang Ditiga Operasi Besar, Raih Tujuh Tanda Jasa (3-Habis)

In Metropolis
veteran TNI AU 3
BERKUMPUL : Kabul Umar berkumpul bersama keluarga, beberapa waktu lalu. FOTO : DOK. PRIBADI

 

Mengawali karir sejak usia muda di sebuah instansi negara, yaitu Korps Komando Angkatan Laut (KKO AL). Namun saat ini, dengan berat hati mengingat usia senja telah menghampiri, Umar pun menanggalkan jabatannya alias pensiun.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah

RADARDEPOk.COM – Tahun 2001 merupakan tahun yang berat bagi Kabul Umar. Bagaimana tidak, ia sudah mengabdi pada Angkatan Laut di dua Batalyon selama 46 tahun.

Umar merasakan empat periode pergantian pemimpin nomor satu di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya di Angkatan Laut sejak Bung Karno masih jadi presiden, hingga Bu Megawati naik jadi presiden,” terang Umar sambil mengingat.

Dengan perjuangannya di tiga operasi besar yang dapat membahayakan negeri maupun nyawanya sendiri, ia telah mengantongi tujuh tanda jasa. Kini, menginjak usia 74 tahun, dia menikmati hari tua bersama sang istri dengan selisih usia 10 tahun.

“Sekarang saya berdua sama istri, sedangkan anak-anak sudah pada berkeluarga. Mereka tinggal di Cibubur dan Bekasi,” jelasnya.

Kondisinya masih terbilang baik dan sehat. Gagah tubuhnya masih nampak karena sering berolahraga. Kesehariannya bebersih rumah, dan mengantar sang istri jika akan pergi ke suatu tempat.

“Sekarang keseharian saya bebersih rumah bareng istri, dan olahraga. Kadang mengantarnya menggunakan motor, tapi sama anak gak boleh jauh-jauh,” ucapnya.

Selain itu, dia juga masih aktif dalam grup Pengurus Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) bersama teman-teman sebayanya. Dahulu, umar gemar bernyanyi di atas panggung menyanyikan lagu kesukaannya. Namun, kini akibat sakit pengerasan di tenggorokan yang tak bisa disembuhkan. Nyanyiannya pun redup.

“Dulu saya suka nyanyi lagu Jatuh Cinta-Broery Marantika, Willingly-Christian St. Pieters, dan Senandung Rindu-Teti Kadi. Sekarang sudah susah nyanyi karena pengerasan pada tenggorokan,” ungkapnya.

1 of 2

You may also read!

pengawas TPS cilodong dilantik

320 Pengawas TPS Cilodong Dilantik

RESMI : panitia pengawas Tps resmi dilantik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Annizhomiyah, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan

Read More...
pokja fokus diskusi

Stres Covid-19, Rebahan Sampai Pelihara Cupang

KOMPAK : Pokja Wartawan Depok selepas menghelat Focus Group Discussion, di AlfaX Depok, Kelurahan Tugu,

Read More...
emak emak pangkalanjati untuk pradi

Emak-emak Pangkalanjati Kompak Bela Pradi-Afifah

DUKUNG : Emak-emak di Kelurahan Pangkalanjati, Kecamatan Cinere, menunjukan dukungan buat Pradi-Afifah, Sabtu (14/11). FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu