Murid SDN Sukmajaya 1 Disuntik

In Satelit Depok
SDN mekarjaya 1 disuntik
AYAH AKU DISUNTIK : UPTD Puskesmas Sukmajaya melakukan imunisasi kepada murid, di SDN Sukmajaya I, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (18/11). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, TIRTAJAYA Upaya pencegahan penyakit sedari dini. UPTD Puskesmas Sukmajaya melakukan imunisasi kepada murid, di SDN Sukmajaya I, Kelurahan Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Rabu (18/11). Kegiatan ini masuk ke dalam program, Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS).

PJ Imunisasi UPTD Puskesmas Sukmajaya, Risna menjelaskan, BIAS ini merupakan program imunisasi anak dalam pencegahan penyakit pada anak, seperti Difteri, Tetanus, hingga Campak.

“Kami mulai dari Senin kemarin, hingga bulan Desember. Vaksin yang diberikan adalah vaksin DT dan MR. Kelas 1 diberikan keduanya, sedangkan kelas 2 dan 5 diberikan vaksin DT saja,” ujarnya kepada Radar Depok.

Risna menambahkan, animo peserta pada BIAS kali ini terjadi penurunan, karena kekhawatiran dan kurangnya pemahaman orang tua akan vaksin MR dan DT. “Rata-rata orang tua murid alasannya sih takut kalau ini vaksin covid-19. Padahal bukan,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengaku, sebelum dilaksanakannya imunisasi, beberapa hari sebelumnya, sudah dilakukan zoom meeting untuk teknis pelaksanaan.

“Supaya tergambar bagaimana kegiatan dari dimulainya hingga tidak menimbulkan kerumunan,” bebernya.

Prosesnya, anak-anak menunggu di kursi yang telah disediakan dengan menjaga jarak, pengukuran suhu, mencuci tangan, pendataan oleh pihak guru, terakhir baru proses penyuntikannya.

Ia berharap dengan adanya BIAS dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak-anak. “Semoga anak-anak terus sehat dengan adanya imunisasi ini. Dan mudah-mudahan sekolah berikutnya lebih antusias lagi,” ucapnya

Guru SDN Sukmajaya 1, Rahmat Firmansyah berpesan kepada pihak puskesmas, dalam menanggulangi kecemasan orang tua diperlukan adanya sosialisasi kepada wali murid sebelum dilaksanakannya imunisasi.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja dan bantuan dari pihak puskesmas, dengan adanya BIAS ini dapat membantu menjaga antibodi anak,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang orang tua murid kelas 2 SD, Ika, menyambut baik pelaksanaan BIAS. “Kegiatan ini cukup baik menurut saya, dan punya dampak yang bermanfaat untuk anak-anak dalam mencegah penyakit,” pungkasnya. (rd/cr2)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

ilustrasi virus korona motor

14 Kelurahan di Depok Menguning

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Sri Utomo mengatakan,

Read More...
akar rumput tinjau SSA

Tim Akar Rumput Desak Tinjau Ulang SSA

MENUNJUKKAN KALENDER : Jubir Tim Akar Rumput Kota Depok, Suryadi Boges (tengah) bersama pengurus Tim

Read More...
ilustrasi isolasi mandiri

1.127 Pasien di Depok Isolasi di Rumah

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Desakan pengoperasian Wisma Makara Universitas Indonesia (UI) sangat beralasan. Sampai saat ini

Read More...

Mobile Sliding Menu