Senin, Maret 1, 2021
Beranda Metropolis Novel Terbanyak Dipinjam Saat Pandemi

Novel Terbanyak Dipinjam Saat Pandemi

0
Novel Terbanyak Dipinjam Saat Pandemi
TETAP BUKA : Petugas Perpustakaan Kota Depok saat melayani pengunjung. FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK
buku novel paling banyak dipinjam
TETAP BUKA : Petugas Perpustakaan Kota Depok saat melayani pengunjung. FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok saat ini tetap membuka pelayanan bagi pustakawan dan pengunjung yang datang. Meski banyak perbedaan seperti sebelum adanya Pandemi Covid-19.

Pengunjung yang datang tidak dapat memilih buku secara langsung atau sendiri. Pengunjung akan dibantu petugas perpustakaan mencari buku yang dinginkan. Selain itu belum dibolehkan membaca di ruangan.

Kasi Deposit, Akuisisi, dan Pengolahan Bahan Perpustakaan Diskarpus Kota Depok, Ika Rostika menyebutkan, layanan terbuka belum bisa diterapkan untuk mencegah penularan Covid-19.

“Insha Allah awal tahun mungkin baru akan kami buka pada layanan terbuka,” ungkap Ika kepada Radar Depok.

Senada, Kabid Perpustakaan Diskarpus Kota Depok, Catur Sri Astuti menuturkan, minimnya pegunjung perpustakaan akhir-akhir ini bukan karena minat baca yang rendah. Namun, banyak orang yang masih takut untuk pergi ke perpustakaan.

“Banyak orang yang memilih tetap di rumah saja, karena kan Depok juga masih zona merah. Karena terbukti dengan saat kami mengadakan webinar bersama dengan pustakawan bergerak, minat yang mengikuti acara kami masih tinggi,” ujarnya.

Selain itu, buku yang masih banyak diminati dan paling banyak dipinjam oleh pengunjung adalah jenis buku novel.

“Kami belum mendata kalau untuk berapa banyaknya, tapi kalau untuk buku yang paling banyak adalah novel. Dan ada juga buku-buku referensi untuk mahasiswa semester akhir yang sedang menyusun skripsi,” jelasnya.

Pengunjung perpustakaan Kota Depok, Indrasari mengungkapkan, dia baru pertama kali datang ke perpustakaan Kota Depok lagi semenjak Pandemi Covid-19 melanda.