Operator Sekolah Diibaratkan ‘Jantung’

In Pendidikan
operator sekolah jantung
SOSIALISASI : Kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang diikuti operator SMA, Senin (16/11). FOTO : PEBRI/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Operator sekolah adalah jantungnya sekolah. Karena semua data di sekolah, dikelola oleh operator untuk dijadikan arsip sekolah, baik digital ataupun fisik. Oleh karena itu, sekolah ada baiknya memberikan perhatian juga ke operator. Hal itu disampaikan Pengawas SMA Nia Aniawaty dalam kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) yang diikuti operator SMA, Senin (16/11).

Nia mengatakan, oleh karena itu ada baiknya sekolah tidak mengonta ganti operator. Dimana, kedepannya dalam penilaian akreditasi tidak semuanya dengan penilaian visitasi ke sekolah, tetapi bisa juga dari data pokok pendidikan (dapodik) suatu sekolah. Dan dapodik tersebut dikelolanya oleh operator sekolah.

“Tetapi tentunya operator juga harus memiliki pengertian dalam memajukan pendidikan dan kualitas sekolah. Jadi, bersama-sama dalam suatau kebaikan dan loyalitas untuk dunia pendidikan,” ucapnya dalam kegiatan yang diadakan oleh Musyawarah Kerja Kepala SMA (MKKSMA) Kota Depok di SMA Mardiyuana tersebut.

Hal senada juga diucapkan perwakilan dari MKKSMA Kota Depok, Supiyana. Baginya, operator adalah ujung tombak dari sekolah. Tetapi, semua komponen di sekolah memiliki perannya masing-masing, yang jika salah satunya tidak berjalan dengan baik, maka akan berpengaruh pada stabilitas suatu sekolah.

“Operator memiliki tugas yang berat, tetapi semua tugas juga berat di bidangnya masing-masing. Jadi, harus ada kekompakan dari semuanya,” terangnya.

Supiyana menegaskan, dalam PMP nanti, sekolah harus ‘memotret’ kondisi sekolah sesuai dengan kenyataannya. Jangan, hanya memperlihatkan yang bagus-bagus saja dari delapan standar nasional pendidikan (SNP). Karena hal tersebut bisa jadi bahan evaluasi kepala sekolah, agar bisa merancang program dan kegiatan yang lebih baik lagi kedepannya.

“Kepala sekolah tentunya harus membuat langkah-langkah strategis untuk kemajuan sekolah. Jadi, di PMP harus menampilkan sesuai dengan kondisi kenyataan sekolahnya,” jelasnya. (rd)

 

Jurnalis/Editor : Pebri Mulya

You may also read!

SMK sudah boleh tatap muka

Mendikbud Izinkan SMK Belajar Tatap Muka

ILUSTRASI : Siswa SMK sedang belajar. Mendikbud izinkan SMK belajar tatap muka di sekolah untuk

Read More...
percobaan bunuh diri di tugu

Diabaikan Suami, Perempuan Memanjat Tower 30 Meter di Tugu

EVAKUASI : Petugas Damkar Kota Depok saat berhasil mengagalkan percobaan bunuh diri dari tower setinggi

Read More...
mayat di dalam sumur depok

Ada Mayat di Dalam Sumur Warga Kampung Lio, Pancoranmas

Mayat Perempuan Tanpa Identitas Ditemukan Warga di Sumur di Depok. FOTO : ISTIMEWA   RADARDEPOK.COM, DEPOK -

Read More...

Mobile Sliding Menu