ilustrasi pelajar SMA
ILUSTRASI
ilustrasi pelajar SMA
ILUSTRASI

 

 RADARDEPOK.COM, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) akan memberikan bantuan berupa uang tunai untuk pelajar SMA/SMK sederajat baik negeri maupun swasta.

Pemberian bantuan uang tunai untuk pelajar SMA sederajat di Jawa Barat itu berlangsung dalam program Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU). Besarnya bantuan uang tunai untuk siswa SMA atau SMK negeri berbeda dengan swasta.

Bantuan uang tunai untuk siswa SMA/SMK negeri sebesar Rp 1,2 juta. Sedangkan bantuan uang tunai bagi siswa SMA/SMK di sekolah swasta Rp 700.000.

Wakil Ketua DPRD Jabar Oleh Soleh memastikan anggaran untuk bantuan uang tunai pelajar SMA/SMK tersebut sudah disahkan. “BPMU sudah disahkan pada Senin lalu. Mulai berlaku tahun 2021. Besarannya siswa negeri Rp 1,2 juta dan swasta Rp 700.000,” kata Oleh.

Oleh menjelaskan, perbedaan nilai bantuan bagi pelajar SMA/SMK dilatarbelakangi kondisi asumsi APBD Jabar yang masih belum solid setelah pandemi Covid-19. Jika ekonomi membaik, kata Oleh, tak menutup kemungkinan nilai bantuan akan sama atau naik.

“Karena asumsi APBD kita masih belum pas akibat pandemi. Mudah-mudahan ke depan ekonomi membaik, mungkin di tahun 2022 tak ada lagi perbedaan,” ujar Oleh.

Adapun teknis pembagian bantuan akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Ia pun berjanji bakal mengawal program itu agar bantuan bisa sampai kepada para siswa.