Pilkada Depok : Paslon Diuji Tiga Kali Debat

In Politika

ilustrasi debat pilkada

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perhelatan demokrasi Pilkada Kota Depok semakin dekat. Terdekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok akan menggelar debat kandidat antar pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota sebanyak tiga kali.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna menyebutkan, debat kandidat rencananya akan dilaksanakan dalam tiga bagian. Pertama pada 22 November, lalu 30 November, dan pada 4 Desember 2020. Meski begitu, pihaknya masih melakukan tahap pembahasan.

“Iya itu rencana kami, yang ikut tentu terbatas, mengingat sekarang sedang pandemi Covid-19,” ungkap Nana kepada Radar Depok.

Dalam Peraturan KPU Nomor 13 tahun 2020 Pasal 59 termuat sejumlah ketentuan yang harus dipatuhi dalam debat paslon, yang digelar dalam kondisi pandemi Covid-19.

Di antaranya, debat diselenggarakan tanpa penonton dan disiarkan secara luas, langsung, maupun tunda. Kemudian hanya dihadiri oleh Paslon, dua orang perwakilan Bawaslu Provinsi atau Bawaslu Kota sesuai dengan tingkatannya. Lalu empat orang tim kampanye paslon, dan tujuh anggota KPU provinsi atau lima anggota KPU kota.

Terkait tata cara pencoblosan, Nana menegaskan, ada perbedaan di tengah pandemi. Sebelum pencoblosan, semua lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) disemprot disinfektan guna memastikan kebersihannya. Jumlah pemilih di setiap TPS dibatasi hanya 500 orang, dari sebelumnya yang mencapai 800 orang.

“Petugas kami di lapangan harus di rapid test dulu, biar memastikan kesehatannya,” tutur Nana.

Selain itu, KPU akan melakukan pengaturan jadwal kedatangan pemilih ke TPS. Pada jadwal pencoblosan, misalnya keluarga A pukul 08.00-09.00 wib, keluarga B mulai pukul 09.00-10.00 wib, dan seterusnya supaya tidak ada kerumunan.

Nana menjelaskan, sebelum mencoblos, pemilih diberikan sarung tangan sekali pakai. Tak hanya itu, kali ini juga pemakaian tinta tidak dicelupkan, melainkan ditetes ke jari pemilih.

“Kami tentunya berusaha semaksimal mungkin untuk menghindari adanya klaster Pilkada covid-19 pada saat hari pencoblosan 9 Desember 2020,” paparnya.

1 of 2

You may also read!

harga ken boba

Ken Bo Ba Cuma Lima Ribu

MURAH MERIAH : Kini buat fanatik boba sekarang bisa beli minuman boba seharga Rp5 ribu

Read More...
waras ajak ke tps lagi

Menangkan Pradi-Afifah, Waras Gaungkan ‘Ayo Ke TPS’

SIAP MENANG : Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Barat, Waras Wasisto, saat bertemu kader

Read More...
afifah harapan warga 1

Program Pradi–Afifah Harapan Warga

SOSIALISASI : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 1, Afifah Alia didampingi Ketua Fraksi Golkar

Read More...

Mobile Sliding Menu