PLN Luncurkan Sertifikat Energi Terbarukan

In Metropolis
PLN luncurkan sertifikat
LUNCURKAN : Direktur Mega Proyek PLN, Ikhsan As’ad (kiri) bersama Managing director PT Princeton Digital Group Data Centers,Stevanus Tumbelaka FOTO : PLN FOR RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Layanan Sertifikat Energi Terbarukan, atau Renewable Energy Certificate (REC). Hadir bagi pelanggan yang menginginkan pengakuan atas penggunaan listrik, dari sumber energi terbarukan.

Bagi para pelanggan, REC dapat menjadi salah satu instrumen pengadaan untuk memenuhi target penggunaan energi terbarukan yang transparan. Selain itu, peluncuran ini akan mendorong pertumbuhan pasar nasional energi terbarukan di Indonesia.

Berdasarkan data PLN, pada 2019 sektor komersial dan industri mengkonsumsi 52 persen listrik yang diproduksi. Di sisi lain, beberapa pelaku di sektor tersebut memiliki permintaan yang semakin tinggi untuk energi terbarukan. Sampai dengan 100 persen energi terbarukan. Hal ini mendorong PLN melakukan langkah strategis, yaitu meningkatkan kapasitas pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT).

Salah satunya, dengan melalui penerbitan sertifikat energi terbarukan (REC). REC merupakan instrumen berbasis pasar yang menyatakan, pemegang sertifikat menggunakan satu MWh (megawatt jam) listrik dari sumber-sumber energi terbarukan.

Pada tahap awal, PLN telah mendaftarkan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Kamojang dengan kapasitas 140 MW dan berpotensi dapat menghasilkan REC sebanyak 993.000 per tahun.

Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini menyebut, penerbitan REC diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pembangkit EBT, untuk memenuhi target bauran nasional sebesar 23 persen pada tahun 2025. Serta sebagai tanggung jawab PLN untuk menyediakan listrik bagi generasi saat ini dan mendatang. “Komitmen ini hadir dalam semangat yang kami sebut sebagai Power Beyond Generations,” tutur Zulkifli Zaini.

PLN percaya, REC akan memenuhi kebutuhan dari sektor komersial dan industri. Salah satu dasarnya adalah munculnya inisiatif seperti RE100, yang beranggotakan lebih dari 250 perusahaan global yang memiliki pabrik. Dan mitra rantai pasokan mereka di Indonesia serta berkomitmen untuk menggunakan 100 persen energi terbarukan dalam beberapa tahun ke depan.

1 of 2

You may also read!

bojongsari tertibkan spanduk

Satpol PP Bojongsari Tertibkan Puluhan Spanduk

TERTIBKAN : Satpol PP Kecamatan Bojongsari mencopot puluhan spanduk liar, di sepanjang Jalan Raya Arco,

Read More...
milenial pancoranmas untuk pradi

Optimis Milenial Menangkan Pradi-Afifah

SEMANGAT : Ketua DPAC PKB Pancoranmas, Adhimas Bagus Kurniawan bersama Calon Walikota Depok nomor urut

Read More...
Ilustrasi ibadah umrah dan haji

Jamaah Umrah Disaring, Batas Usia 18-50 Tahun

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK – Jamaah umrah di Kota Depok yang tertunda berangkat sebanyak lima ribu orang

Read More...

Mobile Sliding Menu