Minggu, Februari 28, 2021
Beranda Satelit Depok PMI Depok Rutin Buat Pelatihan Water Rescue

PMI Depok Rutin Buat Pelatihan Water Rescue

0
PMI Depok Rutin Buat Pelatihan Water Rescue
PELATIHAN : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, adakan pelatihan water rescue di Situ Jatijajar, Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK
water rescue jatijajar
PELATIHAN : Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, adakan pelatihan water rescue di Situ Jatijajar, Kecamatan Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, JATIJAJAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, mengadakan pelatihan teknik penyelamatan air (water rescue), di Situ Jatijajar, Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos.

Kegiatan ini, rutin dilakukan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), dan bersiap menghadapi musim penghujan.

Staf Penanggulangan Bencana PMI Kota Depok, Ary Prasetio menuturkan, pelatihan water rescue ini dalam rangka kesiapsiagaan PMI terhadap bencana, khususnya banjir.

“Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas relawan PMI, ketika mengjadapi musim penghujan dan masa la lina,” ucapnya kepada Radar Depok, Minggu (08/11).

Ia menjabarkan, ada beberapa teknik yang dilatih untuk menambah ketangkasan dalam melakukan penyelamatan.

“Teknik penyelamatan di air yang diberikan, mulai dari pengenalan peralatan keselamatan, proses evakuasi pengangkatan korban di air, penyelamatan korban tenggelam, sampai teknik pertolongan pertama saat penyelamatan,” terangnya.

Dalam pelatihan kali ini, kata dia, ada 25 relawan yang ambil bagian.

“Karena Kota Depok, sendiri ada beberapa titik banjir. Sehingga, kapasitas SDM yang ada hatus terus ditingkatkan,” tuturnya.

Ary juga menungkapkan, biasanya pelatihan ini rutin dilakukan  tiga hingga empat bulan sekali. Namun, ketika musim penghujan tiba maka intensitas pelatihannya dimaksimalkan.

“Dengan diadakannya penigkatan kapasitas relawan PMI ini, maka dihatapkan bisa meningkatkan pelayanan PMI di masyarakat terutama dalam masa la nina dan musim penghujan,” pungkasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya