Pro Buruh, Imam Berharap Ada Kenaikan UMK

In Politika
imam ingin ada kenaikan UMK
SOSIALISASI : Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono saat menemui Perkumpulan Oikomene Kristen Perumahan Jatijajar. FOTO : ISTIMEWA

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perhatian terhadap kondisi ekonomi pekerja dan buruh, Calon Wakil Walikota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono berharap agar Pemkot Depok dapat menaikkan Upah Minimun Kota (UMK) 2021, kendati ada surat edaran Menteri Tenaga Kerja (Menaker) terkait tidak menaikan upah di 2021.

Mantan Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat tersebut mengungkapkan, tiap tahun memang ada diskusi mengenai UMK maupun upah minimum provinsi (UMP) dari Kementerian Tenaga Kerja mengeluarkan Surat Edaran Nomor M/ll/HK .04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada masa Covid-19 yang tidak naik, juga  ditindaklanjuti Peraturan Gubernur Jabar.

“Walaupun menurut saya, surat edaran itu tidak mengikat. Sebab di Jawa Tengah naik dari Rp1.742.015 menjadi Rp 1.798.979. sementara, Jabar tidak naik,” kata Imam Budi Hartono.

Ia pun melihat memang keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan pandemi Covid-19. Namun, buruh pun harus diperhatikan. Sebab, kebutuhan saat ini meningkat sehingga harus ada apresiasi bagi buruh untuk menaikan UMK-nya.

“Walaupun harus tetap dicarikan rumus yang pas dengan kondisi perekonomian, baik inflasi maupun pertumbuhan ekonomi Jabar yang memang kurang bagus di pandemi Covid-19. Pertimbangkan lah apresiasi kepada buruh. Dinaikan lah walau hanya sedikit tapi ada kenaikan,” paparnya.

Wakil Ketua Karang Taruna Jawa Barat ini melanjutkan, untuk menaikan UMK pun  juga harus melihat kondisi kesehatan perusahaan-perusahaan yang ada. Sebab, di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak perusahaan yang profitnya terkoreksi.

“Saya sih mendorong adanya kenaikan UMK walaupun sedikit, sekitar 3 persenan mengikuti Jawa Tengah tadi. Mudah-mudahan ada kenaikan walaupun sedikit,” tegasnya.

Karena, Imam menganggap, kenaikan UMK sekecil apapun akan sangat berharga bagi buruh, kendati pandemi Covid-19 menghambat atau mengganggu kesehatan keuangan perusahan. Namun, buruh juga perlu diapresiasi dengan kenaikan UMK.

“Pasti kebutuhan pokok akan meningkat, seperti beras, minyak gorong dan lainnya,” bebernya.

Kebutuhan pokok tersebut, kata Imam, juga akan disurvei oleh dewan pengupahan kota dan dapat dipastikan ada kenaikan di sana. Sehingga, perlu ada apresiasi ke para buruh dengan menaikan UMK walau sekecil apapun.

“Harusnya sih ada peningkatan, untuk apresiasi para buruh dan mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok,” ucap Imam.

Ia kembali menjelaskan, kenaikan harga bahan pokok yang terjadi saat ini seharusnya dapat menjadi acuan untuk peningkatan upah minimum 2021. Sebab, dalam Kebutuhan Layak Hidup (KHL) yang menjadi acuan menentukan upah minum di dalamnya terdapat beberapa komponen didalamnya, salah satunya seperti harga kebutuhan pokok.

“KHL adalah standar kebutuhan seorang pekerja/buruh untuk dapat hidup layak secara fisik dalam 1 bulan. KHL juga menjadi dasar dalam penetapan upah minimum. Di dalam KHL ada beberapa komponen seperti harga kebutuhan pokok, tempat tinggal dan komponen lainnya,” jelas Imam.

Dalam penentuan UMK Depok sendiri, alumni Universita Indonesia (UI) ini berharap saat rapat Dewan Pengupahan yang terdiri tripartit, yakni  buruh, pengusaha, dan pemerintah dapat mempertimbangkan apresiasi kepada buruh dan kenaikan harga.  sehingga ada kenaikan UMK 2021 walaupun hanya sedikit.

“Bila ada kenaikan UMK, hal itu dapat menjadi bentuk apresiasi kepada para buruh. Semoga pandangan ini dapat diterima Pemkot Depok,” tutup Imam. (rd/cky)

 

Jurnalis : Ricky Juliansyah

Editor : Pebri Mulya

You may also read!

edukasi operasi zebra

Operasi Zebra di Depok Perbanyak Edukasi

MENGEDUKASI : Wakasat Lantas Polres Metro Depok Ubadillah, saat memimpin jalannya operasi Zebra dengan mengedukasi

Read More...
kasus gur nur

Kasus Gus Nur, Mukhlis Effendi: Masalah Serius

KAWAL KASUS : Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Lembaga Dakwah PBNU, Mukhlis Effendi. FOTO :

Read More...
longsor jalan wadas diperbaiki

Jalan Wadas Segera Diperbaiki

TINJAU LONGSOR : Jalan Wadas Pancoranmas yang longsor, saat hujan deras, beberapa waktu lalu. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu