peran puspaga di kota depok
Pjs Walikota Depok, Dedi Supandi.
peran puspaga di kota depok
Pjs Walikota Depok, Dedi Supandi.

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hari jadi ke tiga Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Depok rencananya akan ditambah jumlahnya, mengingat keberadaan peran Puspaga sangat baik dalam memberdayakan masyarakat Kota Depok. Hal itu diungkapkan Pjs Walikota Depok, Dedi Supandi, Minggu (15/11).

“Keberadaan Puspaga tingkat kota perlu ditambah jumlahnya, karena begitu penting untuk menyasar ke berbagai wilayah di Depok,” jelasnya.

Otomatis bertambahnya Puspaga, tentu akan berdampak pada jumlah tenaga, baik psikologi, fasilitator, serta jajaran lainnya sampai pada teknis. Namun, hal itu tidak masalah, bahkan disarankan Dedi agar Puspaga mempunyai fasilitas berupa mobil konseling.

“Jadi bisa keliling, ke permukiman warga yang secara data kependudukan harus dikonsultasi. Bisa juga ke lokasi yang ramai, seperti tempat pelayanan,” papar Dedi.

Peran Puspaga menurutnya amat penting, sehingga harus berperan aktif dalam mengedukasi anak agar lebih berkegiatan positif dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya itu, Puspaga juga harus berperan penting dalam trauma healing bagi anak khususnya saat terjadi bencana alam.

“Sejauh ini sudah berjalan baik koordinasinya, tapi untuk terus ditingkatkan lagi, baik dari Pemerintahan, RT RW, orang tua. Intinya seluruh lapisan masyarakat,” tegas Dedi.

Dalam memperingati Milad ke-3, Puspaga yang berada di bawah naungan Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat, dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok menjalankan kegiatan Komunikasi Sehat Dalam Keluarga untuk memperingati milad Puspaga yang ke-3 secara virtual. (rd/arn)

 

Jurnalis : Arnet Kelmanutu

Editor : Pebri Mulya