Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Metropolis Relawan Pemulsaraan Bertambah 20 Orang

Relawan Pemulsaraan Bertambah 20 Orang

0
Relawan Pemulsaraan Bertambah 20 Orang
DILATIH: Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Raden Gandara Budiana saat memberikan pengarahan serta materi dalam pelatihan 20 relawan baru pemulsaraan jenazah covid 19, di halaman Mako Damkar Depok, Kawasan Boulevard GDC, Kecamatan Cilodong. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK
relawan pemulsaran damkar
DILATIH : Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Raden Gandara Budiana saat memberikan pengarahan serta materi dalam pelatihan 20 relawan baru pemulsaraan jenazah covid 19, di halaman Mako Damkar Depok, Kawasan Boulevard GDC, Kecamatan Cilodong. FOTO : ARNET/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Jajaran Gugus Tugas Kota Depok menambah kekuatan relawan pemulsaraan bagi jenazah covid 19. Sebanyak 20 orang yang berasal dari kalangan masyarakat menjalani pembelajaran di Markas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Kawasan Boulevard GDC, Kecamatan Cilodong, Kamis (05/11).

Koordinator Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Denny Romulo Hutauruk menjelaskan, penambahan relawan demi memaksimalkan penanganan bagi jenazah yang meninggal saat terkonfirmasi covid 19. Namun, dipastikan tidak semua jenazah meninggal karena covid, tapi ada sakit penyertaan, seperti jantung, kolesterol, gula, dan lainnya.

“Iya kami ada penambahan relawan. Semua yang jiwa sosial dan kemanusiaannya tinggi. Mereka mau berperan dalam memerangi pandemi,” terangnya.

Kegiatan pelatihan yang dipimpin langsung Kepala Dinas Damkar, Raden Gandara Budiana, dengan di dampingi Tim Reaksi Cepat (TRC), Kasie Kebakaran dan Penyelamatan Damkar Depok, Tesy Haryati, serta Perwira Pelaksaan Damkar Merdy Setiawan. Dimulai pukul 13.00 hingga 15.30 WIB.

Dilanjutkan Denny, setiap relawan diberikan materi pemulsaraan sesuai dengan standar protokol kesehatan yang dianjurkan Kementrian Kesehata. Hal ini untuk menjaga keamanan seluruh relawan agar tidak terpapar dari covid saat dan setelah pemulsaraan.

“Materinya tidak bisa kita jabarkan untuk menjaga privasi. Takutnya nanti bayangan orang justru mengerikan, padahal semua tetap aman, kita jaga dan mengedepankan keselamatan,” tegasnya.

Kini relawan pemulsaraan covid-19 Kota Depok menjadi 31 orang. Sebelumnya relawan hanya ada 11 orang. Nantinya akan di bagi setiap tim, satu tim berisi empat orang relawan untuk pemulsaraan, baik pemandian, pemakaman, dan lainnya. Seluruh relawan juga diperkenalkan perangkat pemulsaraan serta tata cara pemulsaraan dengan benar.