anak belajar PJJ di rumah
ILUSTRASI
anak belajar PJJ di rumah
ILUSTRASI

 

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mulai meramu Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri, terkait belajar tatap muka. Waktu sebulan akan digunakan persiapan dan mengkaji bagaimana nanti pelaksanaannya Januari 2021 mendatang.

Kasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan (PTK) SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, Abdurrahman mengaku, telah mengikuti webinar pada Jumat lalu (22/11). Dalam pembahasan tersebut dikatakan kapasitas sekolah yang berzona kuning TK berjumlah delapan orang, SD dan SMP 18 orang. “Nanti akan kami bagi sesi jadwalnya, kemudian akan kami edarkan,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (22/11).

Namun, karena kebijakan tersebut dikembalikan ke kepala daerah masing-masing. Artinya, Kota Depok masih akan melakukan rapat dan mengkaji hal tersebut.

“Mungkin di akhir November atau awal Desember akan kami kaji dan adakan pembicaraan kembali,” ujarnya.

Dia mengatakan, zona kuning kemungkinan besar akan dilakukan pembelajaran tatap muka. Namun, bagi yang masih zona merah belum dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka. Kemudian dia menyebutkan, dalam pembukaan sekolah di era baru tersebut pastinya akan membutuhkan fasilitas. Untuk menunjang fasilitas tersebut  Disdik serahkan kepada pihak sekolah. Dalam hal tersebut, sekolah negeri dapat menggunakan penggunaan anggaran untuk skala prioritas.

“Begitu pun dengan sekolah swasta, bisa menggunakan dana bos untuk fasilitas tersebut,” tutupnya.

Saat rapat, akan melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub), Gugus Tugas Covid-19, dan juga beberapa elemen lainnya. Disdik sendiri akan mengadakan rapat internal terkait pembelajaran tatap muka. “Pastinya akan kami adakan rapat internal, bersama dengan bidang kurikulum dan kesiswaan,” tuturnya.

Sementara, Pemkot Depok bersiap menyelenggarakan rapat koordinasi dengan Perangkat Daerah (PD) terkait. Dalam kesempatan itu, akan dibahas secara teknis tugas dari PD agar penyelenggaraan pembelajaran bisa dilakukan secara tatap muka di semester genap tahun ajaran 2021.